Bisa Melancarkan Haid, Berikut Beberapa Khasiat dari Bunga Telang

Bisa Melancarkan Haid, Berikut Beberapa Khasiat dari Bunga Telang

ilustrasi gambar--

BUNGA telang (Clitoria ternatea) adalah Tanaman dengan kembang telang di daerah Jawa. Nama lain seperti bunga biru atau butterfly pea flower. Tanaman ini memiliki bunga berwarna biru atau ungu yang menarik dan biasanya tumbuh merambat. 

Khasiat pengobatan dari bunga telang ini karena memiliki aktivitas antioksidan dan antimikroba yang potensial seperti antivirus, antiinflamasi, anti alergi, antidiabetes, dan antikanker.

Bunga telang memiliki sejumlah manfaat tradisional, terutama dalam bidang kesehatan. Beberapa manfaat bunga telang yaitu:

1. Melancarkan buang air kecil

Caranya, rebus 0,3 gram kembang telang kering dengan 4 gelas air hingga airnya tinggal setengah. Minum rebusan ini dua kali sehari sebanyak 1 gelas.

BACA JUGA : Kode Redeem Mobile Legends Terbaru dan Valid di Bulan Oktober 2023

2. Pembasmi racun, sebagai agen pembersih tubuh dari racun 

Seduh 2-3 kuntum kembang telang dengan air panas, diamkan selama kurang lebih 10 menit, lalu bisa langsung diminum atau ditambahkan madu atau perasan jeruk lemon.

3. Melancarkan haid

Dengan menggunakan akar kembang telang berwarna putih yang direbus secara rutin untuk membantu melancarkan datang bulan (haid).

4. Obat penyakit kulit/bisul

Tumbuk kembang telang biru bersama dengan gula jawa, lalu baluri pada kulit yang terkena penyakit secara teratur hingga sembuh. Untuk mengobati jerawat, haluskan bunga, daun, akar bunga telang lalu balurkan pada jerawat.

5. Pembersih dan obat mata

Campurkan lima kembang telang dengan 50 mililiter air, saring, dan diamkan hingga dingin. Gunakan air saringan tersebut untuk meneteskan pada mata. Hal ini membantu membersihkan mata dan mengobati sakit mata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: