WASPADA!!! Kasus Dugaan Cacar Monyet Status Suspek Ditemukan di Kota Bekasi

WASPADA!!! Kasus Dugaan Cacar Monyet Status Suspek Ditemukan di Kota Bekasi

--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Penyakit cacar monyet (monkeypox) diduga mulai merebak di Kota Bekasi, Jawa Barat. Di mana, satu kasus dugaan cacar monyet dengan status suspek ditemukan.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (PSP) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bekasi dr. Vevie Herawati mengatakan saat ini sedang dilakukan uji laboratorium terkait temuan satu kasus tersebut.

"Sampel yang sudah kita ambil pada 1 yang ter-suspek sudah kita kirimkan ke BKPK (Litbangkes dari DKI Jakarta), Dan hingga saat ini hasil dari uji laboratoriumnya belum keluar," tegasnya pada Selasa, 31 Oktober 2023.

Namun begitu, sambung Vevie,  secara lisan hasil laporan yang diberikan dikatakan negatif. Tapi tunggu saja sampai hasil uji laboratoriumnya keluar agar tidak menimbulkan simpang siur kepada masyarakat Kota Bekasi.

Dalam kesempatan itu dia pun menjelaskan terkait penyakit cacar monyet yang merupakan penyakit infeksi virus yang disebabkan oleh virus dengan Genus Orthopoxvirus.

Cacar monyet memiliki manifestasi klinis yaitu bentuk cacar biasa, termasuk gejala flu, demam, malaise, sakit punggung, sakit kepala dan karakteristik ruam gejala seperti itu di daerah endemik cacar monyet harus ditangani dengan hati-hati.

Gejala cacar monyet antara lain :

1. Demam > 38,5 °C.

2. Badan lemah.

3. Sakit kepala.

4. Nyeri menelan dan batuk.

5. Nyeri otot.

6. Pembesaran kelenjar getah bening

7. Timbul ruam

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: