Alhamdulillah! Lampung Nihil Kasus Cacar Monyet

Alhamdulillah! Lampung Nihil Kasus Cacar Monyet

Enam kasus cacar monyet di Jakarta diidap penderita HIV dengan orientasi biseksual.--

CACAR monyet adalah penyakit zoonosis langka yang disebabkan oleh infeksi virus monkeypox. 

Virus cacar monyet termasuk dalam genus Orthopoxvirus dalam famili Poxviridae. 

Genus Orthopoxvirus juga termasuk virus variola (penyebab cacar), virus vaccinia (digunakan dalam vaksin cacar), dan virus cacar sapi.

Di Provinsi Lampung belum ditemukan adanya kasus warga terkena cacar monyet atau Monkey Pox.

BACA JUGA : Berikut Beberapa Evil Rider Jahat yang Terkuat, Nomor 1 Susah Dikalahkan!

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Lampung, Edwin Rusli mengatakan Dinas setempat belum menemukan adanya indikasi ditemukan kasus cacar monyet. 

"Alhamdulillah sampai saat ini di lampung belum ditemukan kasus cacar, monyet seperti yang ada di wilayah luar Lampung seperti di provinsi Banten," ujarnya, Kamis 2 November 2023.

Meski demikian, walaupun belum ditemukan kasus tersebut Dinkes setempat menyatakan langkah antisipasi tetap akan dilakukan. 

"Bentuk tindakan antisipasi bisa dimulai dari individu, seperti dengan tetap harus menjaga daya tahan tubuh dengan mengkonsumsi vitamin dan makanan bergizi. Lalu menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) untuk tetap menjaga kondisi tubuh agar terhindari dari berbagai penyakit salah satunya cacar monyet," kata dia. 

BACA JUGA : Viral Video Bocah 10 Tahun di Madura Gelar Acara Lamaran

Pihaknya meyakinkan, belum ditemukannya kasus cacar monyet itu berdasarkan hasil penelusuran dari tim surveilance di lapangan. 

"Tim surveilance tetap digerakkan lakukan pemantauan di lapangan secara rutin, dan dipastikan sampai saat ini belum ada ditemukannya kasus tersebut," katanya. 

Untuk upaya pencegahan agar tidak terjadi penyebaran kasus antar wilayah, Pemprov Lampung melalui Dinkes setempat bekerjasama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) dalam melakukan pengawasan di pintu masuk.

“Untuk pengawasan di pintu masuk seperti di bandara, pelabuhan kami bekerjasama dengan KKP untuk tindakan pencegahan secara menyeluruh,” ujar dia.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: