Lahan Pertanian 50 Hektare Terendam, Berikut Titik Wilayah Aceh Barat Masih Tergenang Banjir

Lahan Pertanian 50 Hektare Terendam, Berikut Titik Wilayah Aceh Barat Masih Tergenang Banjir

Ilustrasi--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.IDBanjir yang melanda Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh, pada Selasa, 7 Nobember 2023 lalu masih menyisakan genangan. Beberapa titik wilayah kecamatan masih terendam pada Jumat 10 November 2023.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB  Abdul Muhari mengungkapkan dari laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Barat bahwa  ada tiga wilayah yang masih terdampak banjir. Di antaranya, Kecamatan Arongan, Woyla Timur dan Bubon.

"Nah untuk banjir yang telah surut berada di Kecamatan Pante Ceureumen. Tidak ada laporan adanya korban jiwa akibat peristiwa ini," ujar dia kepada KBE Disway dalam keteranganya pada Sabtu, 11 November 2023.

Informasi terakhir yang diterima Pusdalops BNPB, sambung Abdul, mencatat tinggi muka air di Kecamatna Arongan berkisar 60 – 80 cm. Pantauan setempat menyebutkan badan jalan menuju Gampong atau Desa Karang Hampa tertutup genangan. Genangan di Kecamatan Woyla Timur berangsur surut. 

Menyikapi bencana ini, pemerintah daerah setempat telah mendistribusikan bantuan ke wilayah terdampak banjir. 

Banjir ini terjadi pada Selasa (7/11), sekitar pukul 17.35 waktu setempat atau WIB. Kondisi ini dipicu hujan lebat sehingga debit air Sungai Woyla dan Meureubo meluap.

"Waktu itu sebanyak 9 kecamatan terdampak banjir. Akibat banjir ini, lahan pertanian seluas 50 hektar terendam," ujar dia.

Berikut ini sejumlah kecamatan yang terimbas banjir di Kabupaten Aceh Barat, yaitu Kecamatan Woyla Timur,  Woyla Barat, Arongan Lambalek, Samatiga, Panton Reu, Pante Ceureumen, Bubon, Merurebo dan Johan Pahlawan. 

Dalam dua hari ke depan (11 – 12/11) wilayah Aceh Barat masih berpeluang hujan dengan intensitas ringan.

Menghadapi musim hujan, warga diimbau waspada dan siap siaga, salah satunya secara berkala memonitor prakiraan cuaca hujan di wilayahnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: