Indah Kiat, Investasi Pabrik Baru Group Sinar Mas di Ciampel Karawang Tembus 60 Triliun, Nih Progresnya

Indah Kiat, Investasi Pabrik Baru Group Sinar Mas di Ciampel Karawang Tembus 60 Triliun, Nih Progresnya

-Dokumentasi Indah Kiat-

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk (INKP) dibawah bendera group Sinar Mas berencana membangun fasilitas produksi (pabrik) tambahan di Kabupaten Karawang.

Pabrik yang beroperasi pada tahun 2025 di Kecamatan Ciampel, Kabupaten Karawang itu bakal  memproduksi kertas industri dengan kapasitas 3,9 juta ton per tahun. Di mana, 3 juta ton untuk Industrial White dan 900 ribu ton khusus untuk Industrial Brown.

Sekedar informasi bersama, pabrik Indah Kiat telah hadir di sejumlah daerah seperti Indah Kiat Perawang, Kabupaten Siak, Kepulauan Riau; Indah Kiat Serang, Banten; dan Indah Kiat Tanggerang, Banten.

Indah Kiat Karawang sendiri telah melakukan menandatangani akta perjanjian pengikatan jual beli (PPJB) dengan PT Persada Kharisma Perdana (PKP) dan PT Paramacipta Intinusa (PCI) pada 8 September 2023 silam.

"Perseroan telah menandatangani kesepakatan bersama dengan PKP dan PCI sehubungan dengan rencana perseroan untuk melakukan transaksi pembelian tanah,” jelas Direktur dan Sekretaris Perusahaan Indah Kiat, Heri Santoso.

Adapun tanah yang akan dibeli INKP adalah 34 bidang tanah milik PKP di Kutanegara, Ciampel, Kabupaten Karawang, Jawa Barat seluas kurang lebih 2,08 juta m2. Dan 8 bidang tanah milik PCI yang juga di Ciampel, Kabupaten Karawang dengan total luas 1,13 juta m2.

Sementara itu, Head of External & Internal Communication, Elly Mahesa Jenar mengatakan, proyek pabrik kertas industri 

sedang dalam tahap pembangunan dengam progresnya mencapai 20 persen. 

Target keseluruhan konstruksi pabrik akan berakhir pada tahun 2025. 

"Proses produksi pulp dan kertas akan menggunakan teknologi modern dan efisien. Hal ini mencakup penerapan teknologi mutakhir dalam pengolahan limbah dan penggunaan energi yang ramah lingkungan," ujar dia.

Saat ini, sambung Elly, proyek Indah Kiat Karawang difokuskan untuk meningkatkan efisiensi produksi dan kualitas produk guna memenuhi kebutuhan pasar dalam negeri maupun internasional.

"Tentunya Indah Kiat juga berinvestasi dalam pengembangan produk kertas yang ramah lingkungan," tegas dia.

Dalam strategi pemasarannya, perusahaan menargetkan pasar Asia dan domestik sebagai pangsa pasar utama. Namun, Indah Kiat juga tetap terbuka untuk peluang penjualan ke negara-negara yang mulai bangkit pasca-pandemi.

Sebelumnya, Bupati Karawang Cellica Nurachadiana menyatakan Grup Sinar Mas melalui PT Indah Kiat Pulp & Papers akan segera membenamkan investasi hampir Rp 60 triliun diatas luas lahan 400 hektare (ha).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: