Kadisdik Jabar Resmikan Program ''Adik Bersama'' Bertajuk Pendidikan Khusus Berbasis Masyarakat

Kadisdik Jabar Resmikan Program ''Adik Bersama'' Bertajuk Pendidikan Khusus Berbasis Masyarakat

Wahyu Mija, Kepada Dinas Pendidikan Jawa Barat.(Foto:Okky firmansyah/DiswayJabar)--

Jabar, Disway.id-Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jawa Barat (Jabar), Wahyu Mijaya meresmikan program "Adik Bersama" (Afirmasi Pendidikan Khusus Berbasis Masyarakat) di SLB Kab. Bandung Barat, Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Selasa (14/11/2023).

Di saat bersamaan, Kadisdik juga meresmikan Cafe dan Pusat Edukasi dan Pelatihan Barista. Didampingi Kepala Bidang PKLK Disdik Jabar, Deden Saepul Hidayat, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VI, Nonong Winarni, Kepala SLB Kab. Bandung Barat, Handaya Djaenudin serta Senior Manager PLN Indonesia Power Saguling POMU, Yosefan Johan.

BACA JUGA:Disdik Jabar Lakukan Pembinaan Penerbitan Dokumen Kependudukan Untuk Sukseskan Pemilu 2024

Kadisdik menjelaskan, Jabar memiliki 50 juta penduduk, di antaranya ada 1,9 juta siswa di 27 kabupaten/kota, baik di SMA, SMK, dan SLB negeri maupun swasta. Untuk SLB, tercatat ada 28 ribu lebih siswa yang ditangani 391 sekolah negeri dan swasta.

"Dari sisi jumlah SLB negeri, kita kesulitan menjangkau secara keseluruhan. Oleh karena itu, kami mencoba menyediakan unit layanan disabilitas untuk lebih mendekatkan layanan kepada masyarakat," tuturnya.

BACA JUGA:Kado Presiden Untuk Disdik Jabar, Jokowi Berharap Siswa SMKN Jabar Bisa Ikuti Arus Teknologi

Sehingga, tambah Kadisdik, hadirlah afirmasi pendidikan khusus yang berbasis masyarakat atau Adik Bersama.

Layanan-layanan disabilitas ini, lanjutnya, tidak hanya di sekolah-sekolah, tetapi juga di unit-unit tertentu yang mendekatkan pada masyarakat. "Semoga, dengan konsep ini kita bisa lebih optimal melayani masyarakat," harapnya.

BACA JUGA:Disdik Jabar Terus Tingkatkan Transformasi Pelayanan Publik

Dalam kesempatan tersebut, Kadisdik juga mengunjungi pameran hasil karya siswa. Wahyu Mijaya menilai hasil karya siswa ini sangat menakjubkan dengan membawa kreativitas yang tinggi karya ini juga tinggi unsur budaya nya.(ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: