Kadisdik Jawa Barat Dukung Berbagai Upaya Pelestarian Bahasa Ibu

Kadisdik Jawa Barat Dukung Berbagai Upaya Pelestarian Bahasa Ibu

Festival Tunas Bahasa Ibu merupakan bagian dari program Revitalisasi Bahasa dan Sastra Daerah di Provinsi Jawa Barat sebagai implementasi konsep Merdeka Belajar--

JAWA BARAT - Pelaksana Tugas (Pj.) Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin, membuka Festival Tunas Bahasa Ibu untuk jenjang SD dan SMP tingkat Provinsi Jawa Barat dan Banten Tahun 2023 di Hotel Sutan Raja, Kabupaten Bandung pada Selasa (14/11/2023). Kegiatan yang diselenggarakan oleh Balai Bahasa Jabar ini turut dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat, Wahyu Mijaya.

 

Pj. Gubernur Bey Machmudin menyampaikan keyakinannya bahwa bahasa Sunda sebagai bahasa ibu akan terus eksis dan semakin banyak penggunanya. "Melihat masih banyak anak-anak yang fasih berbahasa Sunda," ujarnya dengan penuh optimisme. Beliau juga mengajak semua pihak untuk menjadikan momentum ini sebagai langkah inspiratif dalam pembelajaran bahasa di Jawa Barat dan Banten, menuju tingkat yang lebih baik.

 

Kadisdik Jawa Barat, Wahyu Mijaya, mendukung berbagai upaya untuk melestarikan bahasa ibu, termasuk bahasa Sunda, bahasa Betawi, dan bahasa Cirebon. "Saya mengapresiasi dan menyampaikan terima kasih kepada Kemendikbudristek melalui Balai Bahasa Jabar. Mudah-mudahan, melalui upaya ini bahasa daerah yang ada di Jabar terpelihara dengan baik dan menjadi jati diri kita," tuturnya.

 

Festival Tunas Bahasa Ibu merupakan bagian dari program Revitalisasi Bahasa dan Sastra Daerah di Provinsi Jawa Barat sebagai implementasi konsep Merdeka Belajar dan sebagai wujud nyata perlindungan serta pelestarian bahasa daerah. Acara ini dihadiri oleh Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbudristek, Aminudin Aziz, Kepala Balai Bahasa Jabar, Herawati, serta Wakil Bupati Kabupaten Bandung, Sahrul Gunawan. Semua pihak berharap festival ini dapat memperkuat keberlanjutan bahasa daerah dan membangkitkan semangat cinta terhadap warisan budaya yang bernilai tinggi. (adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: