Dugaan Pengrusakan APK PDIP Karawang, Relawan Tempuh Jalur Hukum

Dugaan Pengrusakan APK PDIP Karawang, Relawan Tempuh Jalur Hukum

--

KARAWANG BEKASI DISWAY - Dugaan pengrusakan alat peraga kampanye (APK) caleg dan capres Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) berbuntut pelaporan ke pihak berwajib. Siang ini, Rabu 6 Desember 2023, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Forum Relawan Demokrasi Foreder (FRDF) Kabupaten Karawang akan membuka laporan polisi ke Polsek Karawang Kota.

Pembina DPC FRDF Karawang Moch Chattaman, mengatakan, pihaknya akan mendatangi Polsek Karawang Kota untuk membuka laporan pengaduan terkait dugaan pengrusakan APK caleg dan capres PDIP, sekaligus di dalamnya ada gambar Ketum PDIP.

"Rencana siang ini (laporan polisi). Ini masih nunggu Ketum Foreder dari Jakarta dan biro hukum partai," ujarnya, saat dihubungi media ini.

Moch Chattaman yang juga Sekretaris DPC Banteng Muda Indonesia (BMI) Karawang ini, menyampaikan bahwa ia sangat menyesalkan kejadian tersebut.  

"Intinya kejadian ini sangat disesalkan dan memprihatinkan terlepas siapa pelakunya. Di sini ada simbol-simbol Partai, foto Bung Karno, foto Bu Megawati, foto Pak Ono Surono (Ketua PDIP Jabar), dan replika Pak Ganjar, juga caleg partai, yang dirusak," lanjut Moch Chattaman.

Dijelaskan dia, peristiwa dugaan pengrusakan terjadi pada Selasa 5 Desember 2023, sekitar pukul 20.30 WIB, di Jalan Bincarung, Kp Jatirasa Tengah, Kelurahan Karangpawitan, Kecamatan Karawang Barat.

"Yang dirusak, logo partai, foto Bapak Soekarno, Ibu Megawati, Bapak Ono Surono, standee Ganjar Pranowo, spanduk/baliho calon presiden, Pipik Taufik Ismail, H. Toto Suripto, dan Natala Sumedha," jelas Moch Chattaman.

Sebelumnya, beredar di WA grup, video yang memperlihatkan Alat Peraga Kampanye (APK) caleg dan capres dari PDI Perjuangan dirusak orang tak dikenal. Dalam video dinarasikan, salah satu APK caleg yang dirusak adalah milik Natala Sumeda, berikut gambar Ganjar Pranowo.

Video itu beredar pada Rabu 6 Desember 2023. Dalam video itu, seseorang yang merekamnya menyebutkan, APK caleg dan capres PDIP berjejer dengan APK bergambar caleg dan capres dari partai lain.

Tapi anehnya, APK yang lainnya itu tetap berdiri tegak, sementara APK bergambar caleg dan capres PDIP berserakan di tanah, dengan kondisi rusak.

"Padahal di sini juga ada APK caleg dan capres dari partai lain. Tapi kenapa hanya APK PDIP yang dirusak?" ujar pembuat video, seraya memperlihatkan APK yang sudah rusak dan berserakan di tanah.

Dihubungi via pesan singkat WhatsApp, Ketua TMP Kabupaten Karawang, Nurdin Syam atau yang akrab disapa Mr. Kim, mengatakan, dirinya tengah memastikan kebenaran dari video itu. 

Dia pun mengaku belum bisa memberikan pernyataan terkait hal tersebut. "Infonya lokasinya di Jayirasa, Kecamatan Karangpawitan. Saya lagi OTW ke lokasi. Nanti setelah melihat langsung saya baru bisa memberikan pernyataan," katanya. (Siska)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: