5 Tips Menumbuhkan Minat Belajar Anak Usia Dini

5 Tips Menumbuhkan Minat Belajar Anak Usia Dini

ilustrasi gambar--

KARAWANG BEKASI DISWAY - Minat merupakan dorongan dari dalam diri seseorang untuk menimbulkan ketertarikan secara efektif pada hal lain, seperti belajar. 

Agar seseorang bisa merasa nyaman ketika belajar maka harus ada minat dari diri sendiri tanpa ada paksaan orang lain. 

Lalu, apakah penting menumbuhkan minat belajar pada anak usia dini?

Menumbuhkan minat belajar pada anak usia dini sangatlah penting, karena anak usia dini memiliki potensi yang sangat besar. 

BACA JUGA:Sinopsis, Nonton dan Download Kage No Jitsuryokusha Ni Naritakute! Season 2 Episode 10 Subtitle Indonesia

Ketua Umum Asosiasi Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini (APG-PAUD) Indonesia, Dr. Sofia Hartati, M.Si memaparkan bahwa periode Golden Age atau 5 tahun pertama dalam kehidupan anak merupakan tahapan penting dalam perkembangan fisik, intelektual, emosional dan sosial seorang anak.

Anak pada usia dini lebih banyak menghabiskan waktu di rumah bersama orang tua. 

Sehingga tempat yang paling nyaman dan menyenangkan untuk belajar bagi anak adalah rumah, karena pembelajaran di rumah terjadi setiap saat tanpa terikat waktu dan jadwal. 

Tentu saja dalam hal ini peran orang tua sangat dibutuhkan. Orang tua harus bisa menciptakan rasa nyaman dan pengalaman belajar yang menyenangkan serta menciptakan lingkungan yangm mampu mendorong rasa ingin tahu anak agar tumbuh minat belajarnya.

BACA JUGA:Sinopsis dan Nonton The Invincible Episode 1-5 Subtitle Indonesia

Berikut cara mudah yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk menumbuhkan minat belajar pada anak usia dini, yaitu:

1. Jadilah Panutan dan Contoh Bagi Anak

Kodrat seorang anak adalah meniru apa yang dilihat dan didengarnya. Anak akan mencontoh perilaku orang tuanya, Untuk itu Anda sebagai orang tua harus mengajarkan hal-hal positif ketika bersama anak. 

Misalnya, jika Anda menginginkan anak untuk rajin membaca maka Anda harus mencontohkan dengan mengajaknya membaca buku setiap hari meskipun sebentar sekitar 10-15 menit perhari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: