Sejarah Singkat dan Perkembangan Tokusatsu

Sejarah Singkat dan Perkembangan Tokusatsu

Tokusatsu pertama Godzilla, Sumber Foto : Sumber: https://www.flickr.com/--

KARAWANG BEKASI DISWAY - Pada awal tahun 1950-an, mulai diciptakannya seri Tokusatsu yang pertama kali di Jepang dalam wujud karakter monster raksasa Godzilla yang sekaligus menjadi Tokusatsu jenis kaiju yang paling populer di seluruh dunia sampai sekarang. 

Godzilla dibuat oleh seorang seniman dan ahli Special Effect, Eiji Tsuburaya bersama dengan Sutradara Ishiro Honda pada tahun 1954 di perusahaan Tsuburaya yang terinspirasi dari film buatan Amerika yaitu King Kong yang waktu itu sangat populer. 

Tokusatsu

Film Godzilla dalam pembuatannya memakai teknik-teknik canggih, salah satunya adalah suitmation, dimana terdapat seorang aktor yang mengenakan kostum monster berteknologi canggih dan bertugas memerankan karakter monster raksasa tersebut. 

BACA JUGA:Sinopsis, Nonton dan Download Kage No Jitsuryokusha Ni Naritakute! Season 2 Episode 11 Subtitle Indonesia

Bagian wajah dan ekor dapat digerakkan menggunakan remote control sehingga nampak layaknya monster sungguhan, lengkap dengan setting kota-kota berukuran mini dengan berbagai miniatur bangunan, kendaraan, dan pemandangan alam serupa dengan dunia nyata pada aslinya.

Karakter monster Godzilla dan King Ghidorah cukup melambung tinggi namanya dan sangat populer pada masa itu.

Kemudian, di tahun 1957, muncul tokusatsu lainnya yaitu Super Giant yang merupakan pahlawan bertopeng dengan wujud raksasa. 

 

Foto : Super Giant sumber Tokupedia

BACA JUGA:Dibintangi Takeru Satoh, Berikut Sinopsis dan Link Nonton Drama Jepang One Night di Bstation

Super Giant adalah tokusatsu bertema superhero yang pertama kali menggunakan spesial efek super canggih.

Selanjutnya, pada tahun 1958 mulai dirilis juga tokusatsu jenis baru bernama Moonlight Mask (Gekko Kamen) yang merupakan tokusatsu pertama yang memiliki genre atau jalan cerita Dorama (drama). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: