Simak Pentingnya Peran Pendidik Dalam Pembinaan Disiplin Siswa Di Sekolah

Simak Pentingnya Peran Pendidik Dalam Pembinaan Disiplin Siswa Di Sekolah

Simak Pentingnya Peran Pendidik Dalam Pembinaan Disiplin Siswa Di Sekolah--

Oleh: Mutiara Pancawati

NIM 132310041

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Fakultas Ilmu Pendidikan dan Humaniora

Universitas Pelita Bangsa

 

Disiplin dapat membantu seorang siswa tumbuh dengan kepercayaan dan kontrol diri yang baik, yang dituntut oleh kesadaran yang baik dari dirinya dan hidupnya serta perasaan yang baik tentang dirinya dan perasaan tanggung jawab serta kepeduliannya terhadap lingkungannya. Inti dari disiplin adalah untuk mengajar atau seseorang yang mengikuti ajaran dari seorang pemimpin. Tujuan dekat dari arti disiplin adalah untuk membuat anak/siswa terlatih, terkontrol, dengan mengajarkannya mereka bentuk bentuk tingkah laku yang pantas dan yang tidak pantas atau yang masih asing bagi mereka.

Tujuan jangka panjang dari displin ialah perkembangannya dari pengendalian diri sendiri yaitu dalam hal mana anak/peserta didik dapat mengarahkan diri sendiri tanpa pengaruh dari luar. Pengendalian berarti menguasai tingkah laku sendiri dengan berpedoman pada norma-norma yang jelas, standar-standar dan aturan-aturan yang sudah menjadi milik sendiri. Karena itu baik orang tua maupun guru haruslah secara terus menerus berusaha untuk makin memainkan peranan yang makin kecil dari pekerjaan pedisplinan itu, dengan secara bertahap mengembangkan pengendalian diri sendiri dan pengarahan diri sendiri pada anak/siswa.

Menanamkan disiplin adalah proses mengajar bagi diri guru atau orang tua dan suatu proses belajar bagi anak/siswa. Pembinaan disiplin dan perilaku merupakan kegiatan yang dilakukan secara terus menerus dalam kehidupan siswa sehari-hari di sekolah, sehingga diharapkan menjadi kebiasaan yang baik. Pembentukan perilaku melalui pembiasaan yang dimaksud meliputi pendidikan moral pancasila, pendidikan akhlak, agama, perasaan/emosi, kemampuan bermasyarakat dan disiplin.

“Menurut Chester Harris dalam bukunya Piet A. Sahertian, disiplin didefenisikan sebagai berikut”(Sahertian : 1994, 123) “Discipline refers fundamentally to the principle that each organism learns in some degree to control it self so as to con form to theforces arouud it wich it has eperinces” Defenisi tersebut mengandung makna tertentu yang berisi ide.

Ada beberapa unsur pengertian di dalam defenisi di atas: 1. Berisi moral yang mengatur tata kehidupan. 2. Pengembangan ego dengan segala masalah intrinsik yang mengharuskan orang untuk menentukan pilihan. 3. Pertumbuhan kekuatan untuk member jawaban terhadap setiap aturan yang disampaikan. 4. Penerimaan autoritas ekstranal yang membantu seseorang untuk membentuk kemampuan dan keterbatasan hidup.


 
Mutiara Pancawati NIM 132310041 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan dan Humaniora Universitas Pelita Bangsa--

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: