Penting Banget Nih, Pendidikan Kunci Penghapus Kemiskinan dalam Keluarga

Penting Banget Nih, Pendidikan Kunci Penghapus Kemiskinan dalam Keluarga

Penting Banget Nih, Pendidikan Kunci Penghapus Kemiskinan dalam Keluarga--

Oleh: Mutiara Anugrah Rastami

NIM 132310045

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Fakultas Ilmu Pendidikan dan Humaniora

Universitas Pelita Bangsa

 

Kemiskinan merupakan permasalahan yang menyangkut sebagian aspek sebab berkaitan dengan pemasukan yang rendah, buta huruf, derajat kesehatan yang rendah serta ketidaksamaan derajat antar tipe kelamin dan buruknya area hidup ( Word Bank, 2004 ). Tidak hanya permasalahan kesenjangan partisipasi pembelajaran, kita pula masih mengalami permasalahan lain ialah tingginya angka putus sekolah. 

Permasalahan ekonomi ialah aspek utama yang menimbulkan rendahnya partisipasi pembelajaran serta tingginya angka putus sekolah pada kelompok warga miskin. Mereka tidak mempunyai dana yang lumayan buat mengirim anak-anak kesekolah, karena pendidikan memang membutuhkan bayaran yang relative besar.Konteks ini, membuktikan pembelajaran ialah medium tentang untuk upaya mengatasi permasalahan kemiskinan. 

Pemerintah butuh terus berupaya tingkatkan pemerataan dan ekspansi akses pendidikan yang berfokus pada pendidikan bawah. Perihal itu diyakini sebagai tali simpul buat mengurangi benang kusut permasalahan kemiskinan. Pembelajaran dasar berikan sumbangan sangat besar  apalagi memastikan dalam mempersiapkan anak-anak buat meningkatkan segenap kemampuan serta keahlian mereka guna menjajaki pembelajaran pada jenjang berikutnya.

Kita seluruh menyadari betapa kemiskinan menjadi problem kronis, yang membutuhkan upaya serius, terencana, dan berjangka panjang buat mengatasinya. Pembelajaran diyakini sebagai fasilitas sangat efisien untuk memutus mata rantai kemiskinan. Sebab pendidikan memberi bekal pengetahuan dan keahlian untuk tiap warga masyarakat untuk dapat tingkatkan mutu hidupnya.

Negeri wajib mampu menyediakan layanan pendidikan kepada tiap warganya secara menyeluruh serta adil. Jika tidak, bangsa Indonesia akan mengalami social catastrophe yang membuat Kehidupan warga kian jauh dari sejahtera. Konsep konkret yang dapat diwujudkan adalah dengan memperluas akses, tingkatkan pemerataan pendidikan dan meningkatkan mutu pembelajaran itu sendiri, sehingga diharapkan dengan terdapatnya program secara berkelanjutan bisa mengentaskan dan kurangi kemiskinan secara bertahap.

 


Mutiara Anugrah Rastami NIM 132310045 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan dan Humaniora Universitas Pelita Bangsa--

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: