Simak Nih Manfaat Komputer Dalam Dunia Pendidikan

Simak Nih Manfaat Komputer Dalam Dunia Pendidikan

Simak Nih Manfaat Komputer Dalam Dunia Pendidikan--

Oleh: Laila Rahmah

NIM 132310007

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Fakultas Ilmu Pendidikan dan Humaniora

Universitas Pelita Bangsa

 

Di era globalisasi ini, seseorang dapat melakukan banyak hal dengan komputer. Komputer merupakan media atau alat yang memudahkan pekerjaan seseorang  dalam bidang pendidikan maupun bidang lainnya. Komputer memainkan peran yang sangat  aktif dalam pendidikan. Selain dapat mengakses informasi dari berbagai belahan dunia, komputer juga dapat membantu guru dalam mengajar dan menyajikan pembelajaran yang menarik dan kreatif  di sekolah dan perguruan tinggi sehingga siswa dapat menikmati pengajaran yang diberikan oleh guru. 

 

Diketahui bahwa terkadang pembelajaran yang diajarkan oleh guru dapat menggugah minat siswa dalam belajar apabila pengajaran yang diberikan oleh guru menarik dan kreatif. Siswa yang ingin memperoleh pemahaman lebih dalam tentang materi pelajaran dapat menginstal perangkat lunak (program) yang terkait dengan pelajaran ini. 

 

Komputer juga dapat membantu siswa menghasilkan karya ilmiah yang baik dan menarik. Informasi pendukung penelitian dapat ditemukan di Internet. Inilah sebabnya mengapa banyak pengguna komputer senang menggunakan komputer.

Manfaat komputer dalam dunia pendidikan: 

 

Pendidik mungkin memiliki metode pengajaran yang berbeda ketika menggunakan komputer. komputer mempunyai beberapa model pembelajaran, yaitu model praktik, model pengajaran, model pemecahan masalah, model simulasi, dan model permainan. Model pembelajaran ini dapat digunakan guru dalam kegiatan pembelajarannya agar pembelajaran menjadi lebih menarik sehingga membantu siswa mengembangkan pengetahuannya. Kemampuan belajar siswa dapat ditingkatkan dengan  komputer. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: