Pendidikan Karakter Bangsa: Antara Cita dan Realita

Pendidikan Karakter Bangsa: Antara Cita dan Realita

Pendidikan Karakter Bangsa: Antara Cita dan Realita--

Oleh: Patonah Mutmainah Octavia 

NIM 132310062 

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar 

Fakultas Ilmu Pendidikan dan Humaniora 

Universitas Pelita Bangsa

 

 

Pendidikan karakter adalah fondasi yang membentuk masyarakat menjadi berkualitas dan beretika. Dinamika perkembangan saat ini menjadikan pendidikan sebagai pilar utama dalam membimbing kedewasaan moral. Bukan hanya sebagai pencapaian akademis semata, melainkan sebagai bentuk dalam integritas diri. 

 

Pendidikan karakter bukanlah sebuah tanggung jawab bagi lembaga pendidikan saja, melainkan juga terhadap masyarakat, keluarga dan lingkungan sekitar dalam menghadapi tantangan zaman yang semakin maju. Berbagai macam perubahan yang membutuhkan karakter kuat sebagai landasan dalam mencapai kemajuan yang berkelanjutan dan harmonis dalam bangsa dan bernegara.

 

Hal ini bisa dilihat dari kurikulum yang dirancang tidak hanya mengenai pengetahuan akademis saja, melainkan membimbing dan memahami dalam pengaplikasian nilai-nilai moral sehingga dapat membentuk dan mengembangkan karakter siswa menjadi warga negara yang beretika dan bertanggung jawab.

 

Meskipun dalam realitanya tantangan masih ada dalam efektivitas pendidikan dalam membangun karakter siswa. Penerapannya yang masih belum maksimal sehingga perlunya evaluasi kembali terhadap kurikulum pengajaran sehingga tidak hanya menjadi bagian dar retorika, melainkan juga mencerminkan pengamalannya dalam kehidupan sehari-hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: