Jamin Kesehatan dan Keselamatan Masyarakat di Moment Libur Nataru, Dinkes Siagakan 9 Posko Layanan Kesehatan

Jamin Kesehatan dan Keselamatan Masyarakat di Moment Libur Nataru, Dinkes Siagakan 9 Posko Layanan Kesehatan

Momen libur natal dan tahun baru, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bekasi mendirikan posko layanan kesehatan dengan menyiapkan obat-obatan yang disiagakan dari para petugas medis.--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Momen libur natal dan tahun baru, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bekasi mendirikan posko layanan kesehatan dengan menyiapkan obat-obatan yang disiagakan dari para petugas medis.

Sedikitnya sebanyak sembilan posko kesehatan disiagakan di berbagai wilayah se-Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, tujuannya untuk memastikan kesehatan bagi para masyarakat yang melakukan mudik di hari libur natal 2023 dan tahun baru 2024.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, Supriadinata mengatakan, dari 9 Posko, sudah disiagakan Tenaga Kesehatan (Nakes) untuk pengecekan kesehatan bagi pemudik.

"Kita menyiapkan 9 Posko kesehatan, dilengkapi dengan Ambulans. Per hari-nya ada 6 nakes yang berjaga, dibagi dua shift. Per shift-nya terdiri dari satu dokter dan 2 tenaga kesehatan. Juga ditambah sopir ambulans," kata Supridinata, pada Minggu (31/ 12/2023).

BACA JUGA:Sedang Berwisata di Pantai Jetis Cilacap, Satu Keluarga Terseret Ombak, 2 Tewas dan 1 Hilang

Posko Kesehatan Nataru yang diinisiasi Dinkes Kabupaten Bekasi, kata Supridinata, sudah  disiagakan sejak 23 Desember 2023 dan akan berakhir pada 2 Januari 2024 nanti.

Selain itu, dirikannya Posko Kesehatan dengan berkolaborasi dengan lintas sektor lainnya, bertujuan untuk menjamin keselamatan pemudik dan warga yang tengah berlibur, serta menjaga keamanan, kenyamanan dan kesehatan masyarakat.

"Posko layanan kesehatan yang disiapkan ini berkolaborasi bersama jajaran TNI/Polri, kepolisian Polres Metro Bekasi, Kodim 0509, PMI, BPBD, Dinas Perhubungan, Damkar dan pihak terkait lainnya yang dibutuhkan oleh masyarakat." kata dia.

"Untuk tim monitoring, itu langsung oleh tiap Kepala Bidang (Kabid) pada Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi. Alhamdulillah, sejauh ini berjalan aman. Semoga tetap lancar hingga tahun baru nanti," sambungnya.

BACA JUGA:Malam Ini Jam 21.30 WIB, AQUAMAN Tayang di Bioskop Trans TV: Aksi Jason Momoa Rebut Tahta Kerajaan Lautnya

Pos Kesehatan dari Dinkes Kabupaten Bekasi setiap harinya, menyediakan berbagai layanan, seperti pemeriksaan kesehatan dasar tingkat pertama, penanganan awal, sistem rujukan yang berkoordinasi dengan Puskesmas di tiap wilayah hingga rumah sakit rujukan serta konsultasi kesehatan

"Kami mengimbau kepada masyarakat yang hendak berlibur untuk tetap menjaga kesehatan dengan memastikan kondisi tubuh dan memeriksakan diri sebelum dan sesudah perjalanan," imbuhnya.

Adapun sembilan Posko Kesehatan tersebut tersebar di jalur pantura dan jalur tol Jakarta-Cikampek. Yakni Pospam Gedung Juang, Jalan Sultan Hasanuddin, Tambun Selatan, Pospam Gerbang Tol Telaga Asih, Pospam Stasiun Cikarang dan Pospam Sentra Grosir Cikarang (SGC).

BACA JUGA:Watashi No Oshi Wa Akuyaku Reijou Episode 10 Subtitle Indonesia, Link Nonton Sudah Legal, Jadi Tak Perlu Ribet

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: