Terkait Netralitas ASN, Pj Wali Kota Bekasi dan Puluhan ASN Dilaporkan ke Bawaslu

Terkait Netralitas ASN, Pj Wali Kota Bekasi dan Puluhan ASN Dilaporkan ke Bawaslu

untut jersey bernomor punggung 2, Gerakan Pemuda Marhaenis laporkan Pj Walkot Bekasi, Raden Gani Muhammad, Kasatpol PP, Pimpinan Cabang bjb, dan sejumlah camat, sebanyak 11 orang telah dilaporkan ke Bawaslu.--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Buntut jersey bernomor punggung 2, Gerakan Pemuda Marhaenis laporkan Pj Walkot Bekasi, Raden Gani Muhammad, Kasatpol PP, Pimpinan Cabang bjb, dan sejumlah camat, sebanyak 11 orang telah dilaporkan ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) terkait netralitas ASN.

Laporan ini diajukan oleh Gerakan Pemuda Marhaenis Kota Bekasi dengan nomor laporan 015/LP/PL/Kota/13.03/1/2024. Para pelapor menyatakan dugaan ketidaknetralan Aparatur Sipil Negara (ASN) menjelang Pemilihan Presiden 2024, setelah beredarnya foto-foto ASN Kota Bekasi yang mengenakan jersey dengan nomor 2 serta tulisan nama kecamatan di punggungnya.

Ihsan, Sekjen Gerakan Pemuda Marhaenis, menjelaskan bahwa dalam laporan tersebut tercantum beberapa nama, termasuk Penjabat Wali Kota Bekasi dan Pimpinan Cabang Bank Jawa Barat Banten.

Beberapa Camat yang dilaporkan antara lain Camat Mustikajaya, Camat Bantargebang, Camat Pondok Gede, Camat Bekasi Selatan, Camat Bekasi Timur, Camat Pondok Melati, Camat Jatisampurna, Camat Bekasi Barat, Camat Jatiasih, dan Camat Rawalumbu.

BACA JUGA:Ketua Ormawa Unsika: Dana Ormit Sangat Penting Berjalannya Program Organisasi Profesi

Ihsan menegaskan bahwa laporan ini diserahkan kepada Bawaslu Kota Bekasi dengan harapan agar ditindaklanjuti secara serius, mengingat hal ini berkaitan dengan netralitas ASN.

“Perihal dugaan ini kita serahkan untuk dikaji oleh Bawaslu Kota Bekasi, harapan kami laporan yang telah dibuat ditindaklanjuti lebih serius karena ini berkenaan dengan netralitas ASN,” kata Ihsan.

Ketua Bawaslu Kota Bekasi, Vidya Nurrul Fathia, mengonfirmasi penerimaan laporan pada tanggal 2 Januari 2023. Beliau menyatakan bahwa laporan tersebut sedang dalam tahap kajian dan pembahasan.

Vidya memastikan bahwa pihak yang dilaporkan adalah mereka yang terlihat dalam foto dengan jersey bernomor punggung 2, sesuai dengan yang beredar di media sosial.

BACA JUGA:My Man Is Cupid Episode 10 Subtitle Indonesia, Drama Korea Romcom Antara Cupid dan Manusia

Foto tersebut memperlihatkan sejumlah ASN, termasuk Raden Gani Muhammad, yang sebelumnya memberikan klarifikasi bahwa tidak ada niatan khusus menunjukkan nomor tertentu dalam foto tersebut.

“Kita tahu semua yang ada di lapangan pada saat itu tidak ada satu pun dari rekan-rekan kita yang hadir di stadion untuk menyuarakan atau mendukung kepada salah satu partai tertentu dan saya jamin hal tersebut tidak terjadi di Pemkot Bekasi,” kata Gani.

Gani menegaskan komitmen Pemkot Bekasi untuk tetap netral dan tidak mendukung pasangan calon presiden mana pun. Ia menjamin bahwa di lapangan tidak ada dukungan kepada partai tertentu dan bahwa Pemkot Bekasi akan menjaga netralitas serta mematuhi komitmen sebagai Aparatur Sipil Negara. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: