Senin Pagi Ini, Gunung Lewotobi Laki-Laki Erupsi Lagi, Tinggi Kolom Letusan 700 Meter

Senin Pagi Ini, Gunung Lewotobi Laki-Laki Erupsi Lagi, Tinggi Kolom Letusan 700 Meter

ilustrasi gambar--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Status Gunungapi Lewotobi Laki-Laki terus menunjukkan peningkatan, bahkan di Senin pagi (15/1) tepatnya pukul 05.25 WITA, Gunung Lewotobi Laki-Laki kembali erupsi.

Berdasarkan laporan dari laman Magma ESDM menyebutkan, tinggi kolom letusan Gunung Lewotobi Laki-Laki pagi ini teramati mencapai 700 meter di atas puncak, atau sekitar 2.284 meter dari atas permukaan laut. 

Kolom abu teramati berwarna kelabu hingga coklat dengan intensitas tebal ke arah utara dan timur laut. Saat laporan ini dibuat, erupsi masih berlangsung.

Masyarakat dan wisatawan yang berada di sekitar lokasi Gunung Lewotobi Laki-Laki dilarang melakukan melakukan aktivitas apapun dalam radius 4 kilometer dari pusat erupsi Gunung Lewotobi Laki-Laki, dan perluasan sektoral 5 kilometer ke arah Barat Laut-Utara dan Timur Laut.

BACA JUGA:Boku No Kokoro No Yabai Yatsu Season 2 Episode 2 Subtitle Indonesia, Link Nonton Legal Gak Perlu Khawatir

Masyarakat juga diimbau agar tetao tenang dan mengikuti arahan Pemda serta tidak mempercayai isu-isu yang tidak jelas sumbernya.

Jika terjadi erupsi dan hujan abu, masyarakat diimbau untuk tetap berada di dalam rumah, dan apabila berada di luar rumah disarankan untuk menggunakan pelindung hidung, mulut (masker) dan mata (kaca mata).

Masyarakat di sekitar erupsi Gunung Lewotobi perlu waspada terhadap potensi banjir lahar dingin pada sungai-sungai yang berhulu di puncak Gunung Lewotobi jika terjadi hujan dengan intensitas tinggi. 

12 Kali Erupsi dalam 6 Jam

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melalui Pos Pemantau Gunung Api Lewotobi Laki-Laki di Kecamatan Wulanggitang mencatat dalam waktu enam jam sepanjang Minggu (14/1/2024) gunung itu telah erupsi sebanyak 12 kali.

BACA JUGA:Sinopsis & Link Nonton Kamen Rider Gotchard Episode 18 Subtitle Indonesia

Petugas Pos Pemantau Gunung Api Lewotobi Laki-laki, Yosef S Mboro menyebutkan, 12 kali erupsi tersebut terjadi antara pukul 12.00 hingga 18.00 Wita.

Kolom abu yang ditimbulkannya teramati dengan ketinggian 1.000 hingga 1.500 meter di puncak gunung dengan warna asap kelabu.

"Teramati 12 kali letusan dengan tinggi kolom abu 1.000 hingga 1.500 meter," katanya, Minggu (14/1/2024).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: