Kapan Puasa Syaban 2024 Dilaksanakan?, Ini Jadwal dan Ketentuannya, Simak!

Kapan Puasa Syaban 2024 Dilaksanakan?, Ini Jadwal dan Ketentuannya, Simak!

ilustrasi gambar, Puasa--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Merujuk Kalender Hijriah Indonesia Tahun 2024 yang dikeluarkan Kementerian Agama (Kemenag) RI, 1 Syaban 2024 M/1445 H bertepatan dengan Minggu, 11 Februari 2024. 

Ini artinya, umat Islam yang hendak mengerjakan puasa 1 Syaban sudah dapat meniatkan puasa sejak Sabtu (10/2/2024) malam.

Ini pengertiannya, Syakban adalah bulan kedelapan dalam kalender kamariah. Posisinya sendiri berada di antara bulan haram Rajab dan bulan suci Ramadan.

Dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW menyebutkan bahwa kebanyakan orang melalaikan bulan satu ini. Padahal, Syakban merupakan waktu diangkatnya amalan manusia kepada Allah SWT.

BACA JUGA:Cygnus Hyoga, Salah Satu Karakter Penting di Serial Anime Saint Seiya yang Legendaris

"Bulan Syakban adalah bulan di mana manusia mulai lalai yaitu di antara bulan Rajab dan Ramadan. Bulan tersebut adalah bulan dinaikkannya berbagai amalan kepada Allah, Rabb semesta alam. Oleh karena itu, aku amatlah suka untuk berpuasa ketika amalanku dinaikkan." (HR. An Nasa'i, hasan menurut Syekh Al Albani).

Berdasarkan hadis tersebut, amalan di bulan Syaban yang gemar Rasulullah kerjakan adalah berpuasa. Kira-kira, puasa Syaban 2024 jatuh pada tanggal berapa dan dikerjakan berapa hari? Ini jadwal dan ketentuannya!

Puasa Syaban 2024 Jatuh pada Tanggal Berapa?

Puasa Syaban sudah bisa dikerjakan ketika memasuki bulan kedelapan kalender Hijriah tersebut. Kapan awal bulan Syaban 2024?

Merujuk Kalender Hijriah Indonesia Tahun 2024 yang dikeluarkan Kementerian Agama (Kemenag) RI, 1 Syaban 2024 M/1445 H bertepatan dengan Minggu, 11 Februari 2024.

BACA JUGA:Nonton Majo to Yajuu Episode 5 Subtitle Indonesia

Ini artinya, umat Islam yang hendak mengerjakan puasa 1 Syaban sudah dapat meniatkan puasa sejak Sabtu (10/2/2024) malam.

Puasa Syaban 2024 Berapa Hari?

Berapa hari puasa Syaban dilakukan? Terdapat ketentuan yang perlu kaum muslimin perhatikan sebelum mulai mengerjakannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber