Ini Pengertian, Sejarah, Dalil dan Keutamaan Nisfu Syaban, Simak!

Ini Pengertian, Sejarah, Dalil dan Keutamaan Nisfu Syaban, Simak!

ilustrasi gambar, bulan ramadan--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Nisfu Sya'ban adalah salah satu dari lima malam yang mustajab doanya. Nabi bersabda: "Lima malam yang tidak akan ditolak doa di dalamnya: malam pertama bulan Rajab, malam nisfu Sya'ban, malam Jumat, malam Idul Fitri, dan malam Idul Adha."

Umat muslim biasa menyebutnya dengan Nisfu Syaban atau malam Nisfu Syaban.

Lantas, apa itu Nisfu Syaban?

Nisfu Syaban merupakan momen yang banyak dinanti bagi umat muslim. Pasalnya Nisfu Syaban dikatakan sebagai salah satu malam mulia yang dipenuhi dengan keberkahan.

Oleh karena itu, banyak umat muslim yang mengisi waktu tersebut dengan melakukan amalan salih. Lalu apa sebenarnya Nisfu Syaban? Nah, agar lebih memahami tentang Nisfu Syaban, simak ulasan lengkapnya di bawah ini mulai dari pengertian hingga keutamaannya.

BACA JUGA:Fakta Menarik Avatar Kyoshi, Pendahulu dari Avatar Roku, Kyoshi Juga Pernah Membunuh Lawannya

Apa Itu Nisfu Syaban?

Melansir dari jurnal Universitas Islam Negeri Salatiga, secara etimologi Nisfu Syaban merupakan gabungan dari dua kata yaitu nisfu dan Syaban. Nisfu artinya setengah, sementara Syaban mempunyai arti bulan Syaban.

Sedangkan secara terminologi Nisfu Syaban adalah pertengahan bulan yang jatuh pada tanggal 15 bulan Syaban.

Sementara itu, mengutip dari laman Kementerian Agama (Kemenag) RI, dijelaskan bahwa Nisfu Syaban adalah malam dibukanya 300 pintu rahmat dan pintu ampunan oleh Allah SWT untuk manusia.

Pengertian ini diperkuat oleh hadits Abu Hurairah RA. Rasulullah SAW bersabda:

BACA JUGA:Nonton Chiyu Mahou No Machigatta Tsukaikata Episode 8 Subtitle Indonesia

"Jibril telah datang kepadaku pada malam Nisfu Syaban lalu berkata:

Wahai Muhammad, pada malam ini dibuka pintu-pintu langit dan pintu-pintu rahmat, oleh karena itu, bangunlah dan dirikanlah salat, serta angkatlah kepalamu dan kedua tanganmu ke langit (Berdo'a).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber