Tak Ada di Bulan Lain, Ini Lima Keutamaan Bulan Ramadan

Tak Ada di Bulan Lain, Ini Lima Keutamaan Bulan Ramadan

ilustrasi gambar, bulan ramadan--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Sebentar lagi kita akan kedatangan bulan Ramadan, bulan yang penuh keberkahan dan selalu dinantikan oleh umat muslim.

Pasalnya, segala amal perbuatan selama Ramadan akan dilipatgandakan pahalanya oleh Allah Swt.

Dengan demikian, umat Islam berlomba dalam berbuat kebaikan saat Ramadan karena berbagai keutaman yang hanya ada di bulan suci ini.

Berikut 5 keutamaan Ramadan yang berbeda dengan bulan lainnya:

BACA JUGA:Streaming Legal Sousou No Frieren Episode 25 Subtitle Indonesia

1.  Bulan penuh rahmat

Ramadan adalah bulan yang penuh Rahmat, Allah SWT memberikan ampunan bagi hamba-Nya yang menjalankan Ibadah dengan Ikhlas dan pahalanya dilipat gandakan. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: 

كُلُّ عَمَلِ ابْنِ آدَمَ يُضَاعَفُ الْحَسَنَةُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا إِلَى سَبْعِمِائَةِ ضِعْفٍ قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ إِلاَّ الصَّوْمَ فَإِنَّهُ لِى وَأَنَا أَجْزِى بِهِ يَدَعُ شَهْوَتَهُ وَطَعَامَهُ مِنْ أَجْلِى لِلصَّائِمِ فَرْحَتَانِ فَرْحَةٌ عِنْدَ فِطْرِهِ وَفَرْحَةٌ عِنْدَ لِقَاءِ رَبِّهِ. وَلَخُلُوفُ فِيهِ أَطْيَبُ عِنْدَ اللَّهِ مِنْ رِيحِ الْمِسْكِ

Artinya: “Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah Ta’ala berfirman (yang artinya), “Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku. Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya. Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak kasturi.” (HR. Bukhari dan Muslim).

BACA JUGA:Streaming Chiyu Mahou No Machigatta Tsukaikata Episode 9 Subtitle Indonesia

2. Dibukanya pintu surga

Dalam Ramadan pintu surga dibuka dan memberikan umat Islam perlindungan dari siksaan api neraka. Dalam sebuah hadis Rasulullah Saw bersabda:

إِذَا كَانَ أَوَّلُ لَيْلَةٍ مِنْ شَهْرِرَمَضَانَ صُفِّدَتِ الشَّيَاطِيْنُ وَمَرَدَةُ الْجِنِّ، وَغُلِّقَتْ أَبْوَابُ النَّارِ فَلَمْ يُفْتَحْ مِنْهَا بَابٌ. وَفُتِحَتْ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ فَلَمْ يُغْلَقْ مِنْهَا بَابٌ، وَيُنَادِي مُنَادٍ: يَا بَاغِيَ الْخَيْرِ أَقْبِلْ، وَيَا بَاغِيَ الشَّرِّ أَقْصِرْ، وَلِلَّهِ عُتَقَاءُ مِنَ النَّارِ، وَ ذَلِكَ كُلَّ لَيْلَةٍ

Artinya: “Apabila datang awal malam dari bulan Ramadhan, setan-setan dan jin-jin yang sangat jahat dibelenggu, pintu-pintu neraka ditutup tidak ada satu pintu pun yang terbuka, sedangkan pintu-pintu surga dibuka tidak ada satu pintu pun yang ditutup. Dan seorang penyeru menyerukan: ‘Wahai orang yang menginginkan kebaikan kemarilah. Wahai orang-orang yang menginginkan kejelekan tahanlah.’ Dan Allah memiliki orang-orang yang dibebaskan dari neraka, yang demikian itu terjadi pada setiap malam.” (HR. At-Tirmidzi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber