3 Amalan Doa Menyambut Bulan Suci Ramadan

3 Amalan Doa Menyambut Bulan Suci Ramadan

ilustrasi gambar, Puasa Ramadan--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Bulan suci Ramadan tinggal menghitung hari lagi, dimana semua umat islam akan menjalankan puasa Ramadan di mana umat islam harus menahan hawa nafsu, menahan untuk tidak makan dan minum, serta memperbanyak ibadah.

Ramadan adalah bulan kesembilan dalam kalender Hijriah. 

Pada bulan ini, umat Muslim di seluruh dunia melakukan ibadah puasa dan memperingati wahyu pertama yang turun kepada Nabi Muhammad menurut keyakinan umat Muslim. Puasa Ramadan merupakan salah satu dari rukun Islam.

Bulan Ramadan penuh dengan berkah dan kemuliaan. Sebagai umat Islam sudah sepatutnya kita menyambut bulan Ramadhan dengan suka cita. Sembari memanjatkan doa-doa yang telah diajarkan oleh agama kita.

BACA JUGA:Paket Spesial Bukber, Nikmati Makan Sepuasnya di Hotel Aston Imperial Bekasi Selama Bulan Ramadan

Imam Abul Qasim Sulaiman bin Ahmad ath-Thabrani (w.360 H) dalam Kitab al-Duâ’ menerangkan secara khusus mengenai doa yang akan dibaca saat memasuki bulan Ramadan. Termaktub dalam bab al-Qaul ‘Inda Dukhûl Ramadlân.

Berikut ini doa-doa yang dikumpulkan oleh Imam Abul Qasim Sulaiman bin Ahmad ath-Thabrani:

1. Doa yang diriwayatkan Sayyidina ‘Ubadah bin al-Shamith (34 H)

عن عبادة بن الصامت رضي الله عنه, قال: كان رسول الله صلي الله عليه وسلم يعلمنا هؤلاء الكلمات إذا جاء رمضان أن يقول أحدنا: أللهمَّ سَلِّمْنِي مِنْ رَمَضَانَ، وَسَلِّمْ رَمَضَانَ لِي، وَتَسَلَّمْهُ مِنِّي مُتَقَبَّلًا

Artinya, “Dari ‘Ubadah bin al-Shamith radhiyallahu ‘anhu, ia berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam mengajari kami bacaan berikut ini untuk dibaca oleh salah satu dari kami saat Ramadhan datang: “Allahumma salimnî min ramadlâna wa sallim ramadlâna lî wa tasallamhu minnî mutaqabbalan” (Ya Allah, sampaikan aku [dengan selamat menuju bulan] Ramadhan. Sampaikanlah Ramadhan kepadaku, dan terimalah [amal-amal]ku [di bulan] Ramadhan.” (Imam Abul Qasim Sulaiman bin Ahmad ath-Thabrani, Kitâb al-Du’â’, Kairo: Dar al-Hadits, 2007, hlm. 311)

Dari hadits di atas Rasulullah mengajarkan doa yang dibaca ketika Ramadhan datang. Imam ath-Thabrani memasukkan doa yang sama dengan periwayat dan redaksi yang sedikit berbeda. Dalam riwayat Imam Makhul al-Syami (w.112 H) bahwa ia membaca doa saat memasuki bulan Ramadhan sebagai berikut:

أللهمَّ سَلِّمْنِي لِرَمَضَانَ، وَسَلِّمْ رَمَضَانَ لِي، وَتَسَلَّمْهُ مِنِّي مُتَقَبَّلًا

“Allahumma salimnî li ramadlâna wa sallim ramadlâna lî wa tasallamhu minnî mutaqabbalan”

Artinya,”(Ya Allah, sampaikan aku [dengan selamat] kepada [bulan] Ramadhan. Sampaikanlah Ramadhan kepadaku (juga) dan terimalah [amal-amal]ku [di bulan] Ramadhan).” (Imam Abul Qasim Sulaiman bin Ahmad ath-Thabrani, Kitâb al-Du’â’, 2007, hlm. 312).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber