Doa Memasuki Bulan Suci Ramadhan

Doa Memasuki Bulan Suci Ramadhan

ilustrasi gambar, bulan ramadan--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Bulan Ramadhan adalah Bulan yang penuh rahmat, berkah, dan pengampunan dari Allah SWT.

Sebagai umat Islam sudah selayaknya kita mempersiapkan diri menyambut bulan Ramadhan, penuh suka cita, dan tentunya juga dengan membaca doa awal bulan Ramadhan.

Membaca doa pada awal bulan Ramadhan sangat dianjurkan oleh Nabi Muhammad saw sebagai permohonan kita agar dapat menjalani ibadah pada bulan Ramadhan dengan baik. 

Berikut doa dari Rasulullah saw sebagaimana riwayat Imam At-Thabarani dan Imam Ad-Dailami:

اللَّهُمَّ سَلِّمْنِيْ لِرَمَضَانَ وَسَلِّمْ رَمَضَانَ لِيْ وَسَلِّمْهُ مِنِّيْ

Allāhumma sallimnī li Ramadhāna, wa sallim Ramadhāna lī, wa sallimhu minnī.

BACA JUGA:3 Amalan Doa Menyambut Bulan Suci Ramadan

Artinya: Ya Allah, selamatkanlah aku (dari penyakit dan uzur lain) demi (ibadah) bulan Ramadhan, selamatkanlah (penampakan hilal) Ramadhan untukku, dan selamatkanlah aku (dari maksiat) di Bulan Ramadhan.

Kemudian doa dari Rasulullah saw yang diriwayatkan oleh Imam Abu Dawud:

هِلالُ رُشْدٍ وَخَيْرٍ مرتين، آمَنْتُ بِالَّذِي خَلَقَكَ ثَلاث مرات، الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي ذَهَبَ بِشَهْرِ كَذَا ، وَجَاءَ بِشَهْرِ كَذَا

Hilālu rusydin wa khairin (2 kali), āmantu bil ladzī khalaqaka, (3 kali), alhamdulillāhil ladzī dzahaba bi syahri kadzā, wa jā’a bi syahri kadzā.

Artinya: Bulan petunjuk dan kebaikan (2 kali). Aku beriman kepada Tuhan yang menciptakanmu (3 kali). Segala puji bagi Allah yang menghilangkan bulan itu, dan mendatangkan bulan ini (HR Abu Dawud).

BACA JUGA:Paket Spesial Bukber, Nikmati Makan Sepuasnya di Hotel Aston Imperial Bekasi Selama Bulan Ramadan

Berikut ini adalah hadits riwayat Imam Ahmad setelah Rasulullah saw melihat hilal. Hadits ini kemudian dikutip oleh Syekh Ibnu Hajar Al-Haitami dalam karyanya Ithafu Ahlil Islam bi Khususiyatis Shiyam, dengan judul Zikir-Zikir yang Dibaca ketika Melihat Bulan atau Rukyatul Hilal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber