Pupuk Kujang Rutin Edukasi Tanggap Darurat Bencana, Warga Cikampek jadi Lebih Tenang

Pupuk Kujang Rutin Edukasi Tanggap Darurat Bencana, Warga Cikampek jadi Lebih Tenang

Perwakilan dari BPBD Karawang saat memberikan materi siaga bencana kepada perwakilan masyarakat di sekitar pabrik. --

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Sebagai salah satu kontribusi perusahaan untuk masyarakat sekitar, PT Pupuk Kujang Cikampek memberikan edukasi tanggap darurat bencana dalam rangka Bulan K3 Nasional tahun 2024. 

Kegiatan sosialisasi ini rutin dilakukan setiap tahun ini dengan tujuan memberikan edukasi kepada warga yang tinggal di sekitar perusahaan agar lebih memahami, mengetahui, memiliki kemampuan tanggap bencana. 

"Melalui acara ini kami ingin masyarakat bisa bereaksi dengan tepat dari segala ancaman dan potensi bahaya yang mungkin muncul baik dari bencana alam atau dari kegiatan operasional Pabrik, khususnya Pupuk Kujang,” kata VP K3LH Pupuk Kujang Kasmadi, Rabu, (6/3) lalu.

BACA JUGA:Tampil di GIICOMVEC 2024: Daihatsu Indonesia Datangkan Tiga Andalan GranMax

Sosialisasi dilaksanakan di Ruang Anggrek Pupuk Kujang dan diikuti oleh kurang lebih 35 perwakilan desa yang berasal dari Desa Dawuan Tengah, Dawuan Barat, Dawuan Timur, Kalihurip, Kamojing, Desa Cikampek Pusaka, serta Cikampek Selatan.

Para perwakilan masyarakat dari setiap desa menerima materi dari sejumlah narasumber seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karawang. Dalam kesempatan itu, Irawan dari BPBD menjelaskan ihwal potensi gempa dari sesar Baribis di Karawang. 

Ia juga menjelaskan berbagai tips dan cara merespon bencana, termasuk cara menyelamatkan diri dan masyarakat saat terjadi situasi darurat.

Iriawan mengapresiasi Pupuk Kujang yang rutin melakukan sosialisasi ini. Menurut Irawan, tindakan edukasi dan sosialisasi ini bisa dicontoh perusahaan-perusahaan lain.

BACA JUGA:Stabilkan Harga, Ratusan Ribu Ton Beras Disalurkan ke Masyarakat Kabupaten Bekasi

“Karena penanggulangan bencana adalah tanggung jawab bersama, bukan hanya tanggung jawab perusahaan atau pemerintah. Masyarakat dan kita semua harus sinergi,” kata Irawan.

Sekretaris desa Kalihurip, Rusmiati mengatakan bahwa sosialisasi tanggap darurat bencana yang dilakukan Pupuk Kujang, merupakan salah satu bentuk mitigasi bencana. 

“Dengan adanya sosialiasi ini tentu sangat penting bagi kami (warga kalihurip). Masyarakat, khususnya di sekitar Pupuk Kujang bisa lebih paham lagi apa yang harus dilakukan bila mana terjadi bencana dikemudian hari,” terangnya.

Sepekan yang lalu, Pupuk Kujang telah menggelar simulasi penanganan insiden kecelakaan kerja.

BACA JUGA:Rayakan HUT ke 7, SMSI Karawang Gelar Donor Darah Massal

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: kbedisway