Puasa Bikin Ngantuk, 5 Tips Bikin Mata Tetap Melek dan Bersemangat

Puasa Bikin Ngantuk, 5 Tips Bikin Mata Tetap Melek dan Bersemangat

Ngantuk Saat Puasa-Ngantuk Saat Puasa-Titiknol

 

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID Sudah masuk pada fase akhir Ramadan  2024, semangat Kamu mungkin mengalami penurunan. Menjalani ibadah puasa selama bulan Ramadan  2024 memberikan berbagai tantangan, termasuk tubuh yang terasa lemas dan sulit menghindari rasa kantuk terutama di siang hari.

 

Walaupun puasa Ramadan  2024 memerlukan peningkatan ibadah untuk hasil yang lebih optimal, aktivitas dan tanggung jawab sehari-hari tetap harus dijalankan. Oleh karena itu, puasa seharusnya tidak menjadi alasan untuk bermalas-malasan dan kehilangan motivasi untuk beribadah dan beraktivitas.

Puasa sendiri membawa berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh, seperti menjaga kesehatan jantung, mengurangi kadar gula dalam tubuh, dan meningkatkan fungsi kerja otak, menurut Kementerian Kesehatan.

Dalam rangka menjaga agar tidak mudah mengantuk dan tubuh tetap fit selama berpuasa Ramadan  2024, dianjurkan untuk menerapkan gaya hidup holistic wellness atau kesehatan holistik. Berikut adalah lima cara untuk menjaga agar tidak mudah mengantuk dan tubuh tetap fit selama berpuasa Ramadan  2024:

 

1. Sahur yang Teratur

Sahur dianggap sebagai pondasi yang diperlukan tubuh untuk menjalankan puasa dengan lancar sepanjang hari. Menjalani puasa tanpa sahur dapat menyebabkan kadar gula darah menurun, menyebabkan mudah mengantuk.

Pastikan untuk mengonsumsi makanan bernutrisi seimbang seperti daging, sayuran hijau, buah-buahan, kacang-kacangan, dan sumber protein lainnya saat sahur. Collagen drink dengan kandungan Marine Collagen Peptide dan antioksidan dapat membantu menjaga kesehatan tubuh dan kulit selama berpuasa.

 

2. Olahraga Teratur

Puasa bukanlah alasan untuk tidak berolahraga. Sebaliknya, melakukan olahraga ringan sangat dianjurkan untuk menjaga kebugaran tubuh dan menghindari rasa kantuk. Olahraga seperti berjalan kaki atau bersepeda santai selama 30 menit sebanyak 3-5 kali seminggu setelah sahur dapat membantu menjaga kesehatan tubuh dan kulit. Gunakan Beyondly Glowlasting UV Care Moisturizer untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan Beyondly Youth Power Collagen Serum sebagai rutinitas perawatan kulit selama berpuasa.

3. Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh dengan Optimal

Rasa kantuk yang muncul selama berpuasa memang sulit dihindari karena tubuh mengalami kekurangan cairan akibat tidak minum sepanjang hari. Untuk memenuhi kebutuhan air minum harian manusia sekitar 2-3 liter atau setara dengan sekitar 8 gelas sehari, aturlah jadwal minum dengan bijak.

Disarankan untuk minum 2 gelas saat berbuka, 4 gelas di malam hari, dan 2 gelas saat sahur. Namun, perlu diingat untuk menghindari minuman seperti kopi dan soda di antara waktu berbuka dan sahur karena dapat menyebabkan tubuh menjadi lemas dan semakin mengantuk saat berpuasa.

 

4. Pastikan Tidur Cukup

Usahakan agar waktu tidur selama bulan Ramadan tidak kurang dari 4 jam setiap harinya. Untuk menciptakan suasana kamar yang nyaman untuk tidur, atur pencahayaan lebih redup dan suhu ruangan lebih sejuk sebelum tidur.

 

5. Kontrol Konsumsi Makanan

Hindari mengonsumsi makanan dalam jumlah berlebihan, terutama ketika berbuka, karena hal ini dapat membuat tubuh menjadi lemas dan mudah mengantuk. Agar makan tetap terjaga tanpa kelebihan saat berbuka, gunakan Beyondly Ignite Up Blend Essential Oil dengan kandungan Clove Bud, Lemon, Cinnamon Bark, Peppermint, dan Nutmeg Essential Oil. Diffuskan aroma tersebut 30 menit sebelum berbuka puasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: puasa bikin ngantuk