5 Tips Merawat Bibir Kering saat Puasa, Jangan Dijilati Lagi!

5 Tips Merawat Bibir Kering saat Puasa, Jangan Dijilati Lagi!

Menjilat Bibir-Menjilat Bibir-Okezone.lifestyle

 

 

 

 

 

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID- Selama menjalani puasa di bulan Ramadan 2024, bibir mungkin mengalami kekeringan dan pecah-pecah. Penting untuk menyadari bahwa bibir sangat rentan terhadap kekeringan karena tidak memiliki kelenjar minyak dan keringat untuk menjaga kelembapannya. Selain itu, bibir memiliki ketebalan sekitar 15 kali lebih tipis dibandingkan dengan kulit bagian tubuh lainnya, seperti dilansir oleh Arab News.

 

Bibir dapat menjadi kering selama Ramadan karena faktor-faktor seperti penurunan asupan cairan selama berpuasa, kurangnya kelenjar minyak dan keringat pada bibir, serta ketebalan kulit bibir yang lebih tipis dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya. Selain itu, perubahan pola makan dan aktivitas selama bulan puasa juga dapat berkontribusi pada kondisi bibir yang kering dan pecah-pecah.

 

Dengan memahami kondisi tersebut, perawatan dan perlindungan ekstra diperlukan, terutama selama bulan puasa.

 

Lalu, bagaimana cara merawat bibir di bulan Ramadan?

 

1. Hindari Kebiasaan Menjilati Bibir

 

Terkadang tanpa sadar kita mencoba menjilati bibir untuk menghilangkan rasa kering. Namun, perlu diketahui bahwa kebiasaan ini justru dapat membuat bibir semakin kering. Air liur mengandung asam yang dapat mengiritasi bibir dan menjilati bibir secara berlebihan dapat menghilangkan minyak alami di kulit. Sebagai alternatif, lebih baik menggunakan lip balm untuk memberikan nutrisi dan kenyamanan pada bibir yang kering.

 

2. Menjaga Kesegaran bibir dengan Minum Banyak Air

 

Meningkatkan asupan cairan saat berbuka puasa dan sahur merupakan cara terbaik untuk mengatasi bibir yang pecah-pecah dan kering. Mengonsumsi dua liter air per hari akan membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi dan memastikan bibir tetap sehat. Meski demikian, car aini tidak isa dilakukan saat puasa, jadi ada baiknya kamu menggunakan produk pelembab bibir agar bibir tetap ternutrisi.

 

3. Gunakan Lip Mask

 

Langkah selanjutnya adalah menggunakan lip mask yang mengandung asam hialuronat, shea butter, dan vitamin E. Caranya sangat mudah, cukup letakkan lip mask di atas bibir selama 10 menit. Setelah itu, lepaskan lip mask dan biarkan serum yang tersisa meresap ke dalam kulit, sehingga bibir menjadi lebih halus.

 

4. Eksfoliasi dengan Scrub Bibir

 

Langkah berikutnya adalah melakukan eksfoliasi, yang dapat membuat bibir lebih lembut dan terhidrasi tanpa menghilangkan kelembapan alaminya. Anda dapat membuat scrub bibir sendiri di rumah menggunakan bahan dapur seperti madu dan gula. Alternatifnya, gabungkan madu, minyak kelapa, dan gula mentah dalam perbandingan yang sama untuk membuat scrub alami. Oleskan campuran scrub dengan lembut ke bibir untuk mendapatkan hasil yang optimal.

5. Memberikan Kelembapan pada Bibir

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: merawat bibir