Bukan Cuma Sikat Gigi, Berikut 5 Tips Menjaga Kesehatan Mulut Saat Puasa

Bukan Cuma Sikat Gigi, Berikut 5 Tips Menjaga Kesehatan Mulut Saat Puasa

Menjaga Kesehatan Mulut Saat Puasa-Menjaga Kesehatan Mulut Saat Puasa-Bumame

 

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID- Perlu diperhatikan bahwa sikat gigi saat puasa sebaiknya dilakukan pada waktu yang tepat. Disarankan untuk menyikat gigi sebelum waktu imsak atau sebelum salat Subuh berlangsung. Jika terdapat keadaan mendesak, Kamu dapat melakukannya pagi hari sebelum Zuhur.

 

Namun, sikat gigi setelah Zuhur dapat dianggap makruh menurut Syekh Muhammad Nawawi Al-Bantani. Oleh karena itu, waktu yang tepat untuk menyikat gigi saat berpuasa adalah sebelum imsak atau sahur, dan sebelum tidur di malam hari.Tips Menjaga Kesehatan Gigi saat Berpuasa

 

Kebersihan mulut dan gigi selama berpuasa harus mendapat perhatian khusus untuk mencegah masalah kesehatan. Kondisi kurangnya cairan yang masuk ke mulut selama berpuasa dapat memudahkan bakteri menempel di gigi, dan mulut yang kering dapat memicu masalah kesehatan lainnya. Berikut adalah beberapa tips untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut selama berpuasa:

 

1. Sikat Gigi Dua Kali Sehari

 

Untuk menjaga kebersihan mulut, sangat penting untuk rutin menyikat gigi dua kali sehari, yaitu setelah sahur dan sebelum tidur. Kebiasaan ini membantu menghilangkan dan mencegah penumpukan bakteri selama berpuasa seharian.

 

2. Gunakan Obat Kumur dan Benang Gigi

 

Penting untuk menggunakan obat kumur dan benang gigi sebagai tambahan setelah menyikat gigi. Hal ini membantu mengangkat sisa-sisa makanan yang tidak terjangkau oleh sikat gigi, menjaga kebersihan mulut, dan mencegah perkembangan bakteri yang tidak dijangkau sebelumnya.

 

3. Minum Lebih Banyak Air

 

Meskipun sedang berpuasa, pastikan untuk tetap terhidrasi dengan memperbanyak konsumsi air selama jam-jam non-puasa. Dengan tubuh yang terhidrasi, dapat dicegah penumpukan bakteri dan bau mulut. Hindarilah minuman berkafein dan bersoda, seperti kopi, teh, dan soda, saat sahur dan berbuka.

 

4. Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayuran

 

Nutrisi dan antioksidan dalam buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan dapat memperkuat daya tahan tubuh terhadap peradangan dan bakteri. Meningkatkan konsumsi buah dan sayur selama berpuasa dapat berkontribusi pada kesehatan gusi dan gigi.

 

5. Kurangi Asupan Gula

 

Mengurangi asupan gula sangat penting untuk menjaga kesehatan gigi selama Ramadan. Makanan yang mengandung gula atau pati dapat menyebabkan kerusakan gigi dan melarutkan lapisan email gigi. Oleh karena itu, hindarilah konsumsi permen dan makanan manis lainnya.

 

6. Hindari Konsumsi Makanan Manis dan Asam

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: sikat gigi saat puasa