Hati-hati 9 Merk Kurma Asal Israel Ditemui di Supermarket dan e-commerce

Hati-hati 9 Merk Kurma Asal Israel Ditemui di Supermarket dan e-commerce

Merk Kurma Asal Israel Ditemui di Supermarket -Merk Kurma Asal Israel Ditemui di Supermarket -Sindonews.com

 

 

 

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID- Menjalani puasa Ramadan tahun 1445. Salah satu tradisi yang tidak bisa dilupakan oleh hampir seluruh umat Muslim di seluruh dunia adalah mengkonsumsi kurma sebagai bagian dari menu sahur dan berbuka puasa. Namun, penting untuk diingat agar berhati-hati dalam memilih kurma, terutama untuk menghindari produk yang berasal dari Israel.

 

Sebagai informasi tambahan, Kalender Islam Hijriah yang dikeluarkan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia memperkirakan bahwa awal puasa Ramadan 2024 di Indonesia akan dimulai pada Selasa, 12 Maret 2024. Oleh karena itu, sudah selayaknya jika Anda mulai mempersiapkan persediaan kurma.

 

Israel menempati posisi kedua dengan nilai ekspor kurma terbesar di dunia.

Hingga saat ini, masih sedikit yang menyadari bahwa Israel merupakan salah satu pemain utama dalam pasar kurma global, hanya berada satu tingkat di bawah Arab Saudi. Menurut laporan Statista, Israel menempati posisi kedua dengan nilai ekspor kurma terbesar di dunia.

 

Bahkan, negara tersebut melaporkan nilai ekspor kurma mencapai lebih dari US$317 juta atau sekitar Rp4,97 triliun (dengan asumsi kurs Rp15.713/US$). Saat ini, Israel menguasai lebih dari 60 persen pangsa pasar global untuk jenis kurma unggulan, yaitu kurma Medjool. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika Israel menjadi pengekspor terbesar kurma Medjool di dunia.

9 Merk Kurma Asal Israel yang dijual di Supermarket Maupun Ecommerce

 

Terhubung dengan situasi tersebut, penting bagi masyarakat untuk memperhatikan dengan cermat kurma yang mereka beli baik di toko konvensional maupun melalui platform e-commerce. Hal ini terutama penting mengingat serangan yang masih berlangsung oleh Israel di Gaza, Palestina, serta gerakan boikot terhadap produk yang berasal dari atau mendukung Israel.

 

Berikut ini adalah daftar merek kurma yang berasal dari Israel yang masih tersedia di toko atau platform e-commerce di Indonesia.
1. King Solomon Dates
2. Hadiklaim
3. Jordan River

 

Berdasarkan situs Palestine Campaign, disarankan kepada masyarakat untuk memeriksa dengan seksama label nama perusahaan yang mengimpor kurma dari Israel yang tertera pada kemasan. Berikut ini adalah daftar perusahaan yang mengekspor kurma dari Israel yang sebaiknya dihindari.
1. Hadiklaim
2. Mehadrin
3. Agrexco
4. Arava
5. Edom
6. MTex

 

Maraknya Kurma israel di Indonesia, membuat masyarakat bertanya tanya bagaimana cara membedakan kurma israel dengan kurma dari negara lainnya?

4 Langkah Membedakan Kurma Israel dengan Kurma lain 

Menurut Palestine Campaign, terdapat empat langkah yang dapat diambil oleh masyarakat Muslim di seluruh dunia untuk menghindari pembelian kurma yang berasal dari Israel. Berikut adalah empat langkahnya:

 

1. Lakukan pengecekan label saat akan membeli kurma. Hindari pembelian kurma yang diproduksi atau dikemas di Israel atau di pemukiman Tepi Barat.

 

2. Teliti label pada semua kurma Medjool.

Sebagian besar kurma Medjool yang dijual di supermarket berasal dari tanaman yang tumbuh di Israel atau pemukiman ilegal Israel di tanah Palestina.

 

3. Hindari pembelian kurma yang memiliki label Hadiklaim. Hadiklaim merupakan perusahaan pengimpor kurma terbesar dari Israel dan pemukiman ilegalnya. Perusahaan ini menjual kurma dengan merek seperti King Solomon, Jordan River, dan Jordan River Bio-Top, serta di bawah label merek supermarket.

 

4. Periksa label untuk perusahaan yang mengimpor kurma dari Israel dan pemukiman ilegal, seperti Mehadrin, MTex, Edom, Agrexco, dan Arava.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: kurma asal israel