Tips Wajah Bebas dari Jerawat Meski Sering Menggunakan Make Up

Tips Wajah Bebas dari Jerawat Meski Sering Menggunakan Make Up

Tips Wajah Bebas dari Jerawat Meski Sering Menggunakan Make Up (Pixabay/Kjerstin_Michaela)-Pixabay: Kjerstin_Michaela)-

KBEONLINE.ID - Riasan dan jerawat terkadang seperti dua kekuatan yang bertentangan. Ketika kamu sedang mengalami jerawat, biasanya kamu membutuhkan riasan untuk menyembunyikannya. Namun, di sisi lain, penggunaan riasan bisa saja menyebabkan jerawat muncul di beberapa area wajahmu.

Bagaimana tips wajah bebas dari jerawat meski sering menggunakan make up? Yuk simak tipsnya berikut ini!

Penyebab jerawat Karena Sering Menggunakan Makeup

Secara mendasar, penggunaan makeup bukanlah penyebab langsung dari jerawat. Sebagian orang dapat mengalami jerawat tanpa menggunakan riasan sama sekali, sementara yang lain dapat menggunakan makeup tanpa pernah mengalami jerawat. Namun, penggunaan makeup dapat memperburuk kondisi jerawat atau membuat jerawat semakin meradang. Terkadang, hal ini disebabkan oleh ketidaksadaran pengguna makeup akan sensitivitas atau alergi kulit terhadap bahan tertentu dalam produk kosmetik yang digunakan.

Beberapa bahan dalam makeup memiliki sifat komedogenik, yang dapat menyumbat pori-pori. Minyak, pewarna, dan pewangi adalah bahan-bahan kosmetik yang umumnya diketahui dapat menyebabkan jerawat.

Kebiasaan menerapkan makeup langsung dengan tangan tanpa mencuci tangan terlebih dahulu juga dapat menyebabkan transfer bakteri dari tangan ke wajah.

Selain itu, terkadang orang lupa untuk membersihkan makeup setelah beraktivitas sepanjang hari di luar rumah, yang dapat menyumbat pori-pori.

Meskipun mungkin kamu rajin mencuci wajah setiap hari, cara membersihkan yang tidak sepenuhnya efektif dapat meninggalkan sisa makeup yang masih menempel.

Setelah pori-pori tersumbat, bakteri penyebab jerawat dapat berkembang biak dari sisa-sisa minyak, kotoran, dan debu, yang kemudian dapat menyebabkan peradangan. Selain itu, kuas dan alat makeup yang kotor juga dapat menjadi tempat berkembang biaknya bakteri, yang kemudian dapat berpindah ke wajah saat digunakan.

Jadi, secara keseluruhan, klaim bahwa makeup secara langsung menyebabkan jerawat hanyalah mitos. Namun, beberapa masalah terkait penggunaan makeup dapat memperparah atau memicu jerawat pada sebagian orang.

Cara Mencegah jerawat Meski Sering Menggunakan make up

Walaupun make up bisa menyebabkan jerawat, itu tidak berarti kamu harus menghindarinya sama sekali. Namun, kamu perlu lebih berhati-hati dan selektif dalam memilih produk kosmetik yang digunakan. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat kamu lakukan untuk mencegahnya.

1. Pilih make up dengan bahan yang ramah kulit

Langkah terbaik untuk mencegah jerawat jika kamu adalah penggemar make up adalah memilih produk yang mengandung bahan non-komedogenik dan diberi label "bebas minyak" dan "hypoallergenic".

Produk make up lain yang mengandung asam salisilat (bahan aktif yang melawan jerawat, yang digunakan pada kebanyakan produk jerawat) juga bisa bermanfaat untukmu.

2. Selalu bersihkan wajah sebelum tidur dan sebelum menggunakan make up

Sangat penting bagi kamu untuk benar-benar menghapus make up sebelum berolahraga dan sebelum tidur. Namun, mencuci wajah setelah bangun tidur juga sama pentingnya.

make up tidak akan menyebabkan jerawat jika kamu mengaplikasikannya pada kulit yang bersih.

Dengan mencuci wajah setelah bangun tidur, berarti kulitmu bebas dari kelebihan minyak dan sel kulit mati yang telah terakumulasi semalaman saat kamu tidur.

3. Cuci tangan dan kuas make up

Selain itu, pastikan untuk mencuci tangan sebelum mengaplikasikan make up. Ingatlah bahwa tanganmu bisa menyimpan ribuan bakteri yang bisa berpindah ke wajahmu. Begitu juga dengan kuasmu.

Selalu luangkan waktu setidaknya seminggu atau dua minggu sekali untuk membersihkan koleksi kuas make upmu dengan sabun antibakteri.

Itulahbeberapa tips yang bisa kamu lakukan agar wajah bebas dari jerawat meski kamu sering menggunakan make up!***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: