Panduan Menu Diet Saat Berpuasa agar Puasa Lancar dan Berat Badan Tetap Terjaga

Panduan Menu Diet Saat Berpuasa agar Puasa Lancar dan Berat Badan Tetap Terjaga

Panduan Menu Diet Saat Berpuasa (Pixabay/stevepb)-Pixabay: stevepd-

KBEONLINE.ID - Saat berpuasa terkadang kita menjadi lapar mata dan ingin makan berbagai makanan. Bagi yang sedang berdiet, hal ini bisa menjadi tantangan tersendiri. Karena itu, perlu adanya panduan menu diet saat berpuasa agar diet tidak gagal.

 

Apa saja panduan menu diet saat berpuasa? Yuk simak!

 

Tips Panduan Merancang Menu Diet Saat Puasa

 

Walaupun saat berpuasa, kamu harus mengontrol jumlah dan jenis makanan yang kamu konsumsi jika ingin menurunkan berat badan.

 

Kebutuhan kalori setiap individu bervariasi tergantung pada berat badan dan jenis kelamin. Namun, saat menjalani diet, disarankan untuk mengurangi asupan kalori sebesar 500 kalori per hari untuk mencapai penurunan berat badan sekitar 0,5 - 1 kg per minggu.

 

Misalnya, jika total asupan kalorimu biasanya sekitar 2.000 kalori, maka selama puasa kamu hanya perlu mengonsumsi sekitar 1.500 kalori.

 

Namun, jangan terlalu keras dalam membatasi kalori karena tubuhmu tetap membutuhkan energi. Minimal, kamu harus memenuhi kebutuhan kalori sekitar 1.200 kalori per hari untuk menjaga fungsi tubuh yang normal.

 

Kamu dapat membagi waktu makanmu menjadi tiga saat berpuasa, yaitu saat berbuka, setelah salat Tarawih atau sebelum tidur, dan saat sahur. Bagi asupan kalorimu menjadi tiga bagian untuk waktu makan tersebut.

 

Sebagai contoh, jika total asupan kalorimu per hari adalah 1.500 kalori, maka kamu bisa membaginya sebagai berikut:

 

- 500 - 600 kalori untuk sahur,

 

- 400 - 500 kalori untuk berbuka, dan

 

- 500 - 600 kalori setelah salat Tarawih atau sebelum tidur.

 

Saat menjalani diet saat puasa, hindari makanan yang tinggi kalori seperti gorengan. Pilih makanan yang mengandung serat tinggi seperti oatmeal, roti gandum, buah-buahan, dan sayuran.

 

Pastikan kamu minum cukup air antara berbuka dan sahur. Hindari minuman berkafein dan berperisa yang dapat menyebabkan dehidrasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: