Diprediksi Puncak Arus Mudik Lebaran 2024 Terjadi Pada 6 April

Diprediksi Puncak Arus Mudik Lebaran 2024 Terjadi Pada 6 April

ilustrasi gambar, Arus Mudik--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Astra Infra Toll Road Cikopo-Palimanan (dikenal sebagai Astra Tol Cipali) telah mengeluarkan prediksi yang menarik terkait jumlah kendaraan yang diperkirakan akan melintasi ruas tol tersebut selama masa arus mudik dan arus balik Lebaran tahun 2024.

Astra Tol Cipali memprediksi puncak arus mudik lebaran 2024 terjadi pada Sabtu, 6 April 2024.

Kepala Divisi Operasional Astra Tol Cipali, Sri Mulyo, mengatakan pada puncak arus mudik nanti, pihaknya memprediskikan akan ada sebanyak 122 ribu kendaraan yang melintas di Tol Cipali.

"Puncak arus mudik Lebaran 2024, diprediksi terjadi pada Sabtu 6 April 2024," kata Mulyo dalam keterangan pers, Jumat, 22 Maret 2024.

BACA JUGA:Empat Warga Kota Bekasi Meninggal Dunia Akibat Terjangkit DBD

Sedangkan untuk puncak arus balik lebaran di Tol Cipali, pihaknya memprediksi akan terjadi pada Minggu 14 April 2024. Diperkirakan pada puncak arus balik tersebut, akan melintas sebanyak 141 ribu kendaraan di Tol Cipali.

"Kalau puncak arus baliknya, yaitu pada Minggu 14 April 2024," jelas Mulyo.

Mulyo juga memprediksi total kendaraan yang akan melintas Tol Cipali pada arus mudik dan arus balik lebaran tahun ini, sekitar 2,1 juta kendaraan. Jumlah tersebut kata Mulyo, meningkat 2,2 persen dibandingkan dengan tahun 2023 lalu.

Sedangkan jika dibandingkan dengan Lalu Lintas Harian (LHR), kata Mulyo, diprediksi akan terjadi peningkatan sebesar 79,9 persen. 

BACA JUGA:Nonton Film Legenda Reggae 'Bob Marley: One Love' Sub Indo

Pihaknya juga sudah menyiapkan sarana dan prasarana, untuk mendukung kelancaran arus mudik dan arus balik Lebaran 2024 ini.

Beberapa sarana dan prasarana yang sudah disiapkan, yaitu berupa 5.000 Rubber Cone (RC), 600 buah Medium Water Barrier (MWB), serta 28 titik bukaan median (u-turn) untuk menunjang pelaksanaan rekayasa lalu lintas.

"Adapun pelaksanaan rekayasa lalu lintas One Way maupun Contra Flow akan menyesuaikan dengan diskresi Korlantas Polri,” ungkap Mulyo.

Mulyo menambahkan layanan lalu lintas ASTRA Tol Cipali juga selalu siap sedia selama 24 jam setiap harinya untuk memenuhi kebutuhan pengguna jalan di mudik Lebaran 2024 ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber