Persiapkan Hal Ini Sebelum Ibu Hamil Memutuskan Berpuasa

Persiapkan Hal Ini Sebelum Ibu Hamil Memutuskan Berpuasa

Ibu Hamil Memutuskan Berpuasa- Ibu Hamil Memutuskan Berpuasa-Inilah.com

 

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID- Ibu hamil diberikan kelonggaran untuk tidak berpuasa selama bulan Ramadan, sesuai dengan aturan yang telah diatur dalam hukum Islam. Meskipun demikian, banyak ibu hamil yang masih memilih untuk berpuasa karena ingin mengambil bagian dalam momen bulan Ramadan.

Meskipun boleh bagi ibu hamil untuk berpuasa, penting untuk mempertimbangkan kondisi kehamilan mereka terlebih dahulu sebelum membuat keputusan tersebut. Tidak semua ibu hamil dapat berpuasa karena kondisi kehamilan yang mereka alami.

Untuk itu, perlu persiapan yang matang bagi ibu hamil untuk menyambut ibadah puasa. Berikut 4 Hal yang perlu dipersiapkan para ibu hamil sebelum berpuasa

1. Konsultasikan dengan dokter kandungan

Sebelum memutuskan untuk berpuasa, ibu hamil perlu memeriksa kondisi kehamilannya dengan dokter untuk menentukan apakah aman untuk berpuasa. Selain itu, dokter juga dapat memberikan saran mengenai pola makan dan asupan yang diperlukan selama berpuasa.

2. Pastikan asupan gizi mencukupi

Selama kehamilan, terjadi peningkatan kebutuhan kalori per hari. Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa pola makan tetap mencukupi dan tidak berkurang saat berpuasa. Mama dapat memaksimalkan asupan nutrisi saat sahur dan berbuka puasa.

Hindari makanan yang berlemak dan berat serta pastikan asupan nutrisinya mencukupi untuk mendukung kesehatan ibu dan janin. Pastikan juga ibu hamil mendapatkan cukup cairan di antara waktu berbuka dan sahur. Ini penting untuk mencegah dehidrasi dan menjaga keseimbangan cairan tubuh

3. Batasi aktivitas fisik

Untuk ibu hamil yang sedang berpuasa, disarankan untuk membatasi aktivitas fisik dan menghindari kegiatan yang terlalu menguras tenaga agar tubuh tidak mudah lemas. Jika ingin berolahraga, pilihlah aktivitas yang ringan seperti yoga atau berjalan-jalan di dalam rumah.

Pastikan ibu hamil mendapatkan istirahat yang cukup selama bulan puasa. Hindari aktivitas yang berat dan prioritaskan istirahat yang cukup untuk menjaga kesehatan dan kesejahteraan ibu dan janin.

4. Mengetahui batasan diri

Penting untuk mengetahui batasan diri dan memperhatikan tanda-tanda tubuh saat menjalani puasa. Jika merasa pusing, lemas, atau haus, segera batalkan puasa untuk mencegah masalah kesehatan yang lebih serius. Mengetahui batasan diri akan membantu Mama untuk tidak memaksakan diri selama berpuasa.

 5. Pantauan Kadar Gula Darah

Jika ibu hamil memiliki diabetes gestasional atau riwayat masalah gula darah lainnya, penting untuk memantau kadar gula darah secara teratur selama bulan puasa. Ini dapat membantu mencegah hipoglikemia dan memastikan kesehatan ibu dan janin.

Dengan melakukan persiapan yang matang dan berkonsultasi dengan tenaga medis yang berkualifikasi, ibu hamil dapat membuat keputusan yang tepat tentang apakah berpuasa merupakan pilihan yang aman bagi kesehatan mereka dan kesejahteraan janinnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: cara menjaga kehamilan saat berpuasa