7 Jenis Makanan dan Minuman Yang Perlu Dihindari Ibu Hamil Saat Berbuka Puasa

7 Jenis Makanan dan Minuman Yang Perlu Dihindari Ibu Hamil Saat Berbuka Puasa

Ibu Hamil Saat Berbuka Puasa-Ibu Hamil Saat Berbuka Puasa-

 

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID- Ibu hamil tidak diwajibkan untuk berpuasa, tetapi jika ibu hamil tersebut mampu dan mendapat izin dari dokter, mereka boleh berpuasa. 

 

Bagi ibu hamil yang memutuskan untuk berpuasa, disarankan untuk memperhatikan jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi saat berbuka puasa, karena ada beberapa makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari.

 

Berikut makanan dan minuman yang harus dihindari ibu hamil saat buka puasa. 1. Berbuka dengan minum Kopi

 

Minuman kopi sebaiknya dihindari saat berbuka puasa karena dapat meningkatkan risiko dehidrasi.

 

2. Mengkonsumsi Gorengan Berlebih

 

Meskipun gorengan sering menjadi pilihan untuk takjil saat berbuka puasa bersama keluarga, sebaiknya hindari konsumsi mereka. Meski lezat, gorengan kaya akan kalori dan lemak.

 

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi gorengan dalam jumlah besar dapat meningkatkan risiko diabetes gestasional pada ibu hamil, yang berdampak negatif pada ibu dan janin.

 

3. Makanan dan Minuman Manis

 

Makanan dan minuman yang terlalu manis sebaiknya juga dihindari oleh ibu hamil saat berbuka puasa. Terutama jika rasa manisnya berasal dari pemanis buatan, karena dapat menyebabkan obesitas atau kelebihan berat badan.

 

Obesitas pada ibu hamil dapat meningkatkan risiko gangguan kehamilan, seperti preeklamsia dan diabetes gestasional.

 

4. Makanan Cepat Saji

 

Makanan cepat saji juga sebaiknya dihindari, karena biasanya kurang mengandung nutrisi yang cukup untuk ibu hamil. Selain itu, makanan cepat saji sering kali tidak segar dan berisiko terkontaminasi oleh bakteri.

 

Ini berlaku tidak hanya untuk makanan cepat saji di restoran, tetapi juga untuk mie instan. Selain nutrisi yang kurang, kandungan dalam mie instan juga dapat mengganggu pertumbuhan saraf janin.

 

5. Buah yang Menyebabkan Asam Lambung Naik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: ibu hamil saat berbuka puasa