Nasi Putih/Merah Mana yang Lebih efektif menurunkan berat badan saat diet?

Nasi Putih/Merah Mana yang Lebih efektif menurunkan berat badan saat diet?

Nasi Merah dan Putih-Nasi Merah dan Putih-Grid.id

 

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID- Nasi putih jadi menu makanan paling menghawatirkan bagi orang orang yang sedang menjalani diet. Lantas sebenarnya berapa tinggi kalori dalam nasi putih? Memang, kandungan serat dalam nasi putih tidak sebanyak pada nasi merah.

Namun, jangan terlalu cepat mengambil kesimpulan, jika diet mu gagal karena teralalu banyak mengkonsumsi nasi putih. Berikut ini adalah pemaparan lengkap tentang kalori dan kandungan gizi dari Nasi Putih dan Merah.

Kandungan Gizi Nasi Putih

Sebenarnya, nasi putih merupakan sumber karbohidrat yang baik untuk tubuh. Makanan pokok ini juga dapat memberikan energi yang dibutuhkan tubuh untuk beraktivitas sepanjang hari. Menurut data dari Fat Secret Indonesia, berikut adalah kandungan gizi dalam 1 mangkuk nasi putih butir sedang yang telah matang:

  • Energi: 1012 kj dan 242 kkal
  • Lemak: 0,39 gr
  • Protein: 4,43 gr
  • Karbohidrat: 53,18 gr
  • Serat: 0,6 gr
  • Kalium: 54 mg Namun, kandungan gizi nasi putih dapat berbeda tergantung pada cara pengolahannya dan jenis beras yang digunakan.

Nasi putih mengandung 242 kkal dari setiap bulir nasinya, jumlah yang cukup banyak apalagi disantap dalam porsi yang cukup besar. Bagi orang orang yang tengah menjalani program diet, mereka akan beralih mnegkonsumsi nasi putih menjadi nasi merah. Mereka percaya jika jumlah kalori nasi merah jauh lebih rendah dan cocok jadi karbohidrat diet.

Kamu bisa membandingkan jumlah kalori antara nasi putih dan nasi merah untuk mempertimbangkan menu harian yang akan kamu santap setiap harinya. Berikut adalah perbedaan kalori antara nasi putih dan nasi merah yang bisa menjadi informasi bermanfaat bagi Anda.

  1. Kalori Nasi Putih

Menurut informasi dari Fat Secret Indonesia, kalori dalam nasi putih bervariasi tergantung pada takarannya. Sebagai contoh:

  • Sebanyak 1 ons nasi putih mengandung sekitar 112 kalori.
  • Sebanyak 1 centong atau sekitar 100 gram nasi putih mengandung sekitar 129 kalori.
  • Satu porsi atau satu piring nasi putih mengandung sekitar 204 kalori. Dengan komposisi rinciannya adalah 2% lemak, 89% karbohidrat, dan 9% protein.

Perbandingannya, satu mangkuk nasi goreng mengandung sekitar 333 kalori, dengan komposisi 34% lemak, 51% karbohidrat, dan 15% protein. Sementara nasi uduk dalam satu mangkuknya mengandung 260 kalori, dengan rincian 44% lemak, 50% karbohidrat, dan 6% protein.

  1. Kalori Nasi Merah

Meskipun kalori nasi merah masih sedikit lebih rendah dibandingkan dengan nasi putih, nasi merah dianggap lebih sehat dan cocok untuk diet. Selain itu, nasi merah mengandung lebih banyak nutrisi dan serat, serta memiliki indeks glikemik (GI) yang lebih rendah. Untuk itu, bagi mereka yang sedang menjalani program penurunan berat badan, memilih nasi merah sebagai alternatif yang lebih sehat dapat menjadi pilihan yang tepat.

Selain itu, nasi juga merupakan sumber beberapa nutrisi penting seperti serat, vitamin B1 (thiamin) dan B6, magnesium, fosfor, selenium, dan mangan. Meskipun demikian, nasi merah tetap menjadi pilihan terbaik dibandingkan nasi putih, mengingat kandungan nutrisi dan seratnya yang lebih tinggi.

Jadi Bagaimana? Apa kamu akan tetap mengkonsumsi nasi putih dengan mengurangi jumlah porsi nasi saat diet, atu lebih suka mengkonsumsi nasi merah saja ?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: nasi putih