Bantu Pencernaanmu Lancar, Ini Makanan Berserat yang Cocok Dikonsumsi saat Puasa

Bantu Pencernaanmu Lancar, Ini Makanan Berserat yang Cocok Dikonsumsi saat Puasa

ilustrasi gambar, Makanan Sehat--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Makanan berserat adalah makanan yang mengandung serat diet, sebuah jenis karbohidrat yang tidak dicerna oleh tubuh manusia. 

Serat diet sangat penting untuk kesehatan pencernaan dan dapat membantu mencegah berbagai masalah kesehatan seperti sembelit, divertikulosis, dan penyakit jantung. 

Konsumsi cukup serat dalam makanan juga dapat membantu menjaga berat badan yang sehat dan mengatur kadar gula darah.

Berikut adalah beberapa makanan berserat yang cocok dikonsumsi saat puasa:

BACA JUGA:Nonton Solo Leveling Episode 11 Subtitle Indonesia

1. Buah-buahan Segar: Buah-buahan segar seperti apel, pir, jeruk, stroberi, dan buah-buahan beri lainnya mengandung serat yang tinggi serta banyak nutrisi dan antioksidan.

2. Sayuran Hijau: Sayuran hijau seperti bayam, brokoli, kubis, kangkung, dan sayuran berdaun lainnya kaya akan serat dan rendah kalori, sehingga cocok untuk menjaga keseimbangan nutrisi selama puasa.

3. Kacang-kacangan: Kacang-kacangan seperti kacang merah, kacang hijau, kacang polong, dan lentil merupakan sumber serat yang baik serta protein nabati, yang membantu menjaga kenyang lebih lama.

4. bijian Utuh: Gandum utuh seperti gandum, beras merah, dan quinoa mengandung serat yang tinggi dan nutrisi lainnya seperti vitamin B dan mineral.

BACA JUGA:Nonton Ao no Exorcist: Shimane Illuminati-hen Saga Episode 12 Subtitle Indonesia

5. Biji-bijian dan Kacang-Kacangan: Biji chia, biji rami, dan biji rami mengandung serat larut yang membantu menjaga pencernaan yang sehat dan mengatur kadar gula darah.

6. Roti dan Sereal Berbahan Dasar Gandum Utuh: Roti gandum utuh, sereal gandum utuh, dan oatmeal adalah sumber serat yang baik yang cocok untuk sarapan atau sahur.

7. Buah Kering: Buah kering seperti kismis, kurma, dan prune kaya akan serat dan juga dapat memberikan energi yang berkelanjutan selama puasa.

Pastikan untuk memasukkan makanan berserat ini dalam menu sahur dan berbuka puasa Anda untuk membantu menjaga kesehatan pencernaan, energi, dan keseimbangan nutrisi selama bulan puasa. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber