Amalan yang Dilakukan untuk Menjemput Malam Lailatul Qadar

Amalan yang Dilakukan untuk Menjemput Malam Lailatul Qadar

Ilustrasi Amalan yang Dilakukan untuk Menjemput Malam Lailatul Qadar-(Pixabay/pinterastudio)-

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Malam Lailatu Qadar merupakan malam yang mulia bagi umat muslim. Lailatul Qadar jatuh pada malam ganjil di 10 hari terakhir bulan Ramadan. Meskipun tanggal pastinya tidak diketahui secara pasti, tetapi terdapat petunjuk dalam Al-Quran dan hadits yang memberikan informasi tentang tanda-tanda dan keutamaan malam ini.

Amalan apa saja yang bisa kita lakukan untuk menjemput malam Lailatul Qadar?

Muhammad Quraish Shihab dalam karyanya "Membumikan Al-Quran" menjelaskan tentang arti dan makna kata "qadar" dalam Al-Quran. Terdapat tiga makna dalam kata qadar, yang pertama adalah penetapan atau pengaturan, sehingga Lailatul Qadar dipandang sebagai malam di mana Allah menetapkan takdir hidup manusia. Pendapat ini didukung oleh Firman Allah dalam QS Ad-Dukhan ayat 3. Ada beberapa ulama yang memahami penetapan tersebut dalam rentang waktu satu tahun.

Al-Quran yang turun pada malam Lailatul Qadar diartikan sebagai saat di mana Allah SWT mengatur dan menetapkan nasib dan strategi bagi Nabi-Nya, Muhammad SAW, untuk membimbing manusia kepada agama yang benar, yang pada akhirnya akan menetapkan perjalanan sejarah umat manusia, baik sebagai individu maupun sebagai kelompok.

Kemudian, qadar juga bermakna kemuliaan. Malam tersebut dianggap sebagai malam yang paling mulia, karena dipilih sebagai saat turunnya Al-Quran serta menjadi awal dari segala kemuliaan yang bisa dicapai.

Hal ini terdapat dalam ayat ke-91 Surat Al-An am yang berbicara tentang kaum musyrik: yang mempunyai arti, “mereka itu tidak memuliakan Allah sebagaimana kemuliaan yang semestinya, tatkala mereka berkata bahwa Allah tidak menurunkan sesuatu pun kepada manusia.”

Ketiga, qadar berarti sempit. Malam tersebut adalah malam yang sempit, karena banyaknya malaikat yang turun ke bumi sehingga mereka berhimpitan, seperti yang ditegaskan dalam Surat Al-Qadar yang berarti, "pada malam itu turun malikat-malaikat dan ruh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan."

Kata qadar yang berarti sempit digunakan oleh Al-Qur’an antara lain dalam ayat ke-26 Surat Ar-Ra du: yang mempunyai arti, “Allah melapangkan rezeki bagi yang dikehendaki dan mempersempitnya bagi yang dikehendakinya.”

Amalan yang Disarankan untuk Menjemput Malam Lailatul Qadar

Amalan-amalan yang dilakukan pada malam Lailatul Qadar memiliki nilai pahala yang besar dan sangat disarankan untuk dilaksanakan. Berikut adalah beberapa amalan yang dapat dilakukan pada malam Lailatul Qadar:

1. Shalat Tahajud

Melakukan shalat tahajud merupakan amalan sunnah yang dilakukan pada malam hari setelah istirahat tidur. Shalat tahajud pada malam Lailatul Qadar memiliki keutamaan dan pahala yang besar.

2. Membaca Al-Quran

Membaca Al-Quran pada malam Lailatul Qadar sangat dianjurkan. Banyak umat Muslim yang menghabiskan malam tersebut dengan membaca Al-Quran dari awal hingga akhir.

3. Berzikir dan berdoa

Berzikir dan berdoa pada malam Lailatul Qadar juga merupakan amalan yang sangat dianjurkan. Dalam berzikir dan berdoa, umat Muslim dapat memohon ampunan, keberkahan, dan berbagai kebaikan dari Allah SWT.

4. Berinfak dan bersedekah

Berinfak dan bersedekah pada malam Lailatul Qadar juga sangat disarankan. Dengan berinfak dan bersedekah, umat Muslim dapat membantu sesama dan memperoleh pahala yang besar dari Allah SWT.

5. Mengikuti kegiatan keagamaan

Mengikuti kegiatan keagamaan pada malam Lailatul Qadar juga sangat disarankan. Banyak masjid dan lembaga keagamaan yang mengadakan kegiatan khusus pada malam ini, seperti ceramah dan kajian agama.

Malam Lailatul Qadar memiliki kedudukan istimewa dalam Islam. Dengan melaksanakan amalan-amalan yang dianjurkan pada malam ini, umat Muslim dapat mendapatkan pahala yang besar serta berbagai berkah dari Allah SWT.

Itulah amalan-amalan yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan pahala di malam Lailatul Qadar.***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: