Cara Mengatasi Sakit Gigi dengan Bahan Alami, Dijamin Ampuh!

Cara Mengatasi Sakit Gigi dengan Bahan Alami, Dijamin Ampuh!

Cara Mengatasi Sakit Gigi dengan Bahan Alami-(Pixabay)-

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Sakit pada gigi bukanlah masalah kesehatan yang bisa dianggap enteng karena dapat mengganggu aktivitas akibat rasa nyeri yang ditimbulkannya. Jika tidak segera diobati, kondisi sakit gigi bisa semakin memburuk dan mengakibatkan kesulitan dalam mengunyah makanan. Oleh karena itu, lebih baik untuk segera berkonsultasi dengan dokter begitu gejala muncul.

 

 

Namun, tenang saja, jika belum memungkinkan untuk berkonsultasi dnegan dokter, kamu juga bisa mengatasi sakit gigi dengan bahan alami. Bagaimana caranya? Simak yuk!

Cara Mengatasi Sakit Gigi dengan Bahan Alami

Terdapat beragam bahan alami yang seringkali digunakan sebagai pengobatan untuk sakit gigi. Tetapi, bagaimana cara penggunaannya?

 

 

Berkumur dengan Air Garam

 

Meskipun merupakan cara klasik, berkumur dengan air garam masih cukup efektif untuk mengatasi sebagian kasus sakit gigi. Caranya pun cukup mudah. Larutkan satu sendok teh garam ke dalam air mendidih, lalu berkumurlah selama sekitar 30 detik sebelum memuntahkan air tersebut. Pastikan untuk tidak menelan air garam tersebut. Berkumur dengan air garam dapat membersihkan area sekitar gigi dan membantu mengeluarkan cairan yang menyebabkan pembengkakan. Selain itu, air garam juga dapat membersihkan sisa makanan yang menempel di sekitar gigi.

 

Lemon

 

Lemon tak hanya bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, namun juga terbukti efektif dalam mengatasi rasa sakit gigi. Kandungan antiseptik dan antibakteri dalam lemon membuatnya efektif untuk meredakan sakit gigi. Penggunaannya pun sederhana. Anda bisa meneteskan perasan lemon langsung ke area gigi yang sakit. Atau, Anda dapat mencampurkan sedikit perasan lemon dengan air menggunakan kapas, lalu aplikasikan pada gigi yang terasa sakit.

 

Daun Jambu

 

Daun jambu memiliki sifat analgesik, antiinflamasi, dan antimikroba. Cara penggunaannya adalah dengan mengunyah satu atau dua lembar daun jambu merah bersih hingga ekstraknya keluar, lalu oleskan ekstrak daun tersebut pada bagian gigi yang sakit menggunakan lidah.

 

Selain itu, kamu juga bisa merebus lima lembar daun jambu. Setelah direbus, biarkan hingga suhunya hangat, lalu tambahkan sedikit garam. Gunakan rebusan tersebut untuk berkumur.

 

Cuka Apel

 

Selain dua metode sebelumnya, cuka apel juga dapat digunakan untuk meredakan sakit gigi. Mengandung senyawa antimikroba dan antibakteri, cuka apel efektif dalam meredakan rasa sakit gigi. Cara penggunaannya pun cukup mudah, cukup berkumur dengan cuka apel selama minimal 30 detik.

 

Minyak Cengkeh

 

Cengkeh telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional Cina dan India selama berabad-abad. Minyak cengkeh memiliki sifat penghilang rasa sakit dan antibakteri alami karena mengandung eugenol yang berperan sebagai anestesi alami untuk meredakan saraf.

 

Namun, perlu diingat bahwa penggunaan minyak cengkeh perlu dilakukan dengan hati-hati. Tetesan minyak ini dapat menimbulkan rasa nyeri jika terkena lidah atau gusi yang sensitif. Sebagai alternatif, gunakan kapas yang telah ditetesi minyak cengkeh dan oleskan pada gigi yang sakit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: