8 Makanan yang Dapat Melancarkan Haid, Kaum Wanita Wajib Tahu

8 Makanan yang Dapat Melancarkan Haid, Kaum Wanita Wajib Tahu

8 Makanan yang Dapat Melancarkan Haid, Kaum Wanita Wajib Tahu--Alodokter

Permasalah menstruasi bagi perempuan bukanlah hal yang menyenangkan. Hal tersebut dapat membuat mood menjadi buruk atau kondisi kesehatan yang memburuk. Oleh karena itu, banyak sekali orang yang mengonsumsi banyak obat untuk membuat menstruasinya menjadi lancar. Mulai dari bekam sampai perawatan ke dokter. Beberapa makanan yang diketahui dapat membantu memperlancar siklus menstruasi termasuk:

 

1. Sayuran hijau:

Bayam, kale, dan brokoli kaya akan zat besi dan nutrisi lain yang membantu menjaga keseimbangan hormon dan memperlancar siklus menstruasi. Selain itu, ketika sedang menstruasi wajahpun akan ikut mengalami perubahan secara hormon, baik jerawat maupun masalah kulit lainnya. Oleh karena itu dengan mengonsumsi sayuran hijau dapat membantu merawat kulit juga dari dalam.

 

2. Buah-buahan:

Buah kaya akan serat dan vitamin. Buah-buahan seperti stroberi, blueberry, dan raspberry mengandung serat dan antioksidan yang baik untuk kesehatan reproduksi. Utamakan untuk mengonsumsi buah yang banyak mengandung serat dan air.

 

3. Kacang-kacangan dan biji-bijian:

Sepertinya makanan ini sudah tidak asing lagi di telinga jika menyangkut mengenai perempuan. Kacang-kacangan seperti almond dan kenari, serta biji-bijian seperti chia seeds dan flaxseeds, mengandung asam lemak omega-3 yang dapat membantu mengatur siklus menstruasi.

 

4. Ikan berlemak:

Ikan seperti salmon, sarden, dan tuna mengandung asam lemak omega-3 dan vitamin D yang baik untuk kesehatan reproduksi. Mengonsumsi secara langsung juga dapat dibantu oleh suplemen minyak ikan jika kalian tidak mengukai ikan. Kalian dapat membelinya di toko obat ataupun minimarket terdekat.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: pms