Tips Mudik Lebaran 2024, Mari Utamakan Keselamatan!

Tips Mudik Lebaran 2024, Mari Utamakan Keselamatan!

Tips Mudik Lebaran 2024, Mari Utamakan Keselamatan!-Photo by seva-

 

 

Tak terasa, hari raya lebaran Idul Fitri akan jatuh besok pada tanggal 10 atau 11 April 2024. Setelah menunaikan ibadah puasa selama 1 bulan penuh, hari kemenangan yang ditunggu oleh setiap umat muslim akan segera tiba. 

 

Menjelang hari raya lebaran, tentu beberapa orang akan melaksanakan mudik atau pulang kampung. Ada beberapa tips yang dapat kalian lakukan demi mudik kalian yang lancar dan tentunya aman. Bukan hanya mengutamakan kecepatan untuk segera tiba di tempat tujuan, namun kalian juga harus mengutamakan keselamatan dalam berkendara atau bepergian. Berikut adalah beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mudik aman:

 

 

Periksa Kendaraan Lebih Awal

Sebelum memutuskan untuk berangkat mudik, hal pertama yang harus kalian lakukan yaitu memeriksa kendaraan terlebih dahulu. Hal tersebut dilakukan agar kalian dapat mengetahui kondisi kendaraan yang kalian pakai, apakah layak digunakan atau tidak, serta juga meminimalisir terjadinya kecelakaan. Kalian dapat memeriksanya secara langsung di bengkel-bengkel resmi yang ada di dekat kalian.

 

Periksa seluruh bagian dari kendaraan kalian mulai dari kondisi ban, rem, air radiator, oli, mesin. Tak lupa juga kalian harus memiliki peralatan darurat seperti ban cadangan, pompa angin, obeng, kunci pita, dan peluit. Hal ini untuk mengantisipasi ketika ada masalah saat di perjalanan.

 

Fisik Pengemudi Harus Sehat

Selain kondisi kendaraan yang harus baik, fisik dari pengemudi juga harus fit, terlebih jika perjalanan yang ditemput memakan waktu yang lama. Hal yang harus dilakukan supaya stamina tetap fit yaitu diantaranya istirahat yang cukup dengan tidur selama 6-8 jam, makan makanan yang bergizi seperti sayuran dan buah-buahan, minum air putih secukupnya. Selain daripada itu juga lalukan joging atau jalan pagi minimal tiga kali dalam seminggu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: mudik lebaran 2024