Apakah Normal Darah Haid yang Keluar Sedikit? Berikut Gejala Berikut Pengobatannya

Apakah Normal Darah Haid yang Keluar Sedikit? Berikut Gejala Berikut Pengobatannya

Darah Haid yang Keluar Sedikit-Darah Haid yang Keluar Sedikit-

 

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID- Mesntruasi, tentunya para Wanita tidak asing dengan yang satu ini. Setiap Wanita punya siklus mesntruasi yang berbeda, baik dari periode menstruasi bulanan hi , bentuk dan warna darah yang di keluarkan, hingga jumlah darah yang dikeluarkan saat menstruasi. Ada kalanya darah menstruasi dikeluarkan deras kadang pula sedikit. Lantas apa penyebab darah menstruasi keluar hanya sedikit?

 

Menstruasi atau haid adalah moment disaat keluarnya darah dari vagina sebagai bagian dari dampak siklus reproduksi Wanita yang kerap terjadi setiap bulan. Organ reproduksi wanitamenyiapkan proses kehamilan setiap bulan,, hal tersebut ditandia dengan menebalnya dinding Rahim yang berisi pembuluh darah. Jika kehamilan tidak terjadi. Maka dinding Rahim tersebut akan meluruh dan keluar Bersama darah lewat vagina, Hal inilah yang dinamakan “Menstruasi”

 

Setiap Wanita mengalami siklus menstruasi berbeda terutama kondisi Dimana darah yang dikeluarkan dalam jumlah yang sedikit. Dalam Beberapa kasus darah haid banyak keluar saat periode awal mestruasi dan jumlahnya semakin berkurang menjelang akhir periode mentruasi. Namun, bagaimana jika darah yang dikeluarkan saat menstruasi keluar sedikit bahkan sejak awal perode menstruasi. Apakah kondisi ini adalah hal yang normal?

 

Apakah Normal Darah Mesntruasi Keluar Hanya Sedikit?

 

Keluarnya darah menstruasi dalam jumlah sedikit bisa dianggap normal dan tidak perlu dikhawatirkan. Mengutip dari Orami.com penjelasan dari dr. Nina Bonauli Nasution, seorang Dokter Umum di RSIA Bina Medika, darah menstruasi yang sedikit sering kali terjadi pada awal dan akhir siklus haid. Normalnya, wanita biasanya mengeluarkan darah sekitar 30-50 ml setiap periode menstruasi, yang mungkin setara dengan mengganti pembalut sebanyak 2 hingga 3 kali dalam sehari.

 

Tanda Tanda Jika Darah Menstruasi Sedikit

 

Diketahui bahwa gejala atau tanda dari darah menstruasi yang sedikit dapat bervariasi antara wanita. Oleh karena itu, penting untuk mencatat jika menstruasi terjadi dengan volume yang lebih sedikit dari biasanya.

 

Seseorang dapat melacak jumlah darah menstruasi yang dihasilkan setiap bulan dengan menggunakan cangkir menstruasi atau metode lainnya. Tanda-tanda dari darah menstruasi yang sedikit antara lain:

 

       Durasi menstruasi lebih singkat dari biasanya.

 

       Memerlukan penggantian pembalut atau tampon lebih sedikit dari biasanya.

 

       Tidak mengalami aliran deras yang biasanya terjadi pada 1-2 hari pertama menstruasi.

 

       Aliran darah yang ringan dan stabil.

 

       Perdarahan terjadi dalam bentuk bercak selama beberapa hari, bukan aliran yang terus menerus.

 

Terkadang, menstruasi dengan volume darah yang sedikit juga dapat mengurangi gejala sindrom pramenstruasi (PMS), seperti:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: