4 Jenis Obat Apotik, Untuk Meredakan Kram Perut Akibat Menstruasi

4 Jenis Obat Apotik, Untuk Meredakan Kram Perut Akibat Menstruasi

Gejala Yang Menandakan Kamu Akan Menstruasi.-Gejala Yang Menandakan Kamu Akan Menstruasi.-Diadona.id

 

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID- Para Wanita pasti tidak asing dengan tamu bulanan yang satu ini, siapa lagi kalau bukan “Menstruasi”. Dalam sejumlah kondisi Wanita kerap mengalami kram perut selama siklus mentruasi, adapun daftar jenis pbat yang aman dikonsumsi Wanita saat mengalami nyeri perut akibat menstruasi.

Menstruasi atau haid adalah moment disaat keluarnya darah dari vagina sebagai bagian dari dampak siklus reproduksi Wanita Organ reproduksi wanitamenyiapkan proses kehamilan setiap bulan,, hal tersebut ditandia dengan menebalnya dinding Rahim yang berisi pembuluh darah. Jika kehamilan tidak terjadi. Maka dinding Rahim tersebut akan meluruh dan keluar Bersama darah lewat vagina, Hal inilah yang dinamakan “Menstruasi”

Kram Perut Saat Siklus Menstruasi.

Menghadapi periode menstruasi adalah transisi dari keadaan normal wanita ke tahap di mana tubuhnya mengalami perubahan untuk menyambut siklus menstruasi. Proses menstruasi, yang melibatkan peluruhan dinding rahim, membutuhkan persiapan tertentu, di mana kontraksi rahim menjadi faktor kunci.

Hormon prostaglandin memicu kontraksi otot rahim ini, dan kadarnya meningkat tepat sebelum awal periode menstruasi. Kontraksi ini merupakan salah satu ciri menstruasi yang biasanya menyebabkan kram perut.

Tidaklah mengherankan bagi sebagian wanita untuk mengalami kram perut menjelang menstruasi, khususnya sekitar H-2 atau H-1 sebelum menstruasi dimulai. Kram ini cenderung menghilang ketika menstruasi dimulai, karena kontraksi rahim telah selesai menyebabkan dinding rahim terlepas.

Daftar Nama Obat Untuk Meredakan Kram Perut Akibat Menstruasi

Langkah pertama yang harus kamu lakukan sebelum mengkonumsi obat adalah dengan beristirahat, mengompres perut dan mengkonsumsi air hangat. Cara ini dipercaya mampu meredakan kram perut secara perlahan. Namun, jika Kram perut terus menerus terjadi dan rasa nyeri tidak berkurang kamu bisa mengkonsumsi sejumlah jenis obat dibawah ini dan bisa amu beli di apotik terdekat. Diantaranay adalah :

1.       Asam mefanamat

Asam Mefenamat adalah sebuah kapsul oral yang efektif dalam mengatasi nyeri menstruasi pada tingkat ringan hingga sedang. Obat ini memiliki kemampuan untuk mengurangi rasa sakit, peradangan, dan juga demam.

Seperti Asam Mefenamat, Ibuprofen juga merupakan pilihan yang baik untuk mengurangi nyeri menstruasi, migrain, serta arthritis rheumatoid.

2.       Aspirin

Aspirin, selain berperan dalam mengatasi nyeri menstruasi, juga memiliki sifat antikoagulan yang dapat mencegah pembekuan darah. Namun, disarankan untuk tidak mengonsumsi aspirin secara rutin karena dapat memperpanjang durasi menstruasi dan meningkatkan risiko pendarahan yang berlebihan.

3.       Paracetamol

Paracetamol dapat menjadi alternatif yang aman bagi wanita yang memiliki alergi terhadap jenis obat tertentu. Karena alasan ini, obat ini sangat bermanfaat bagi wanita yang tidak dapat menggunakan obat-obatan golongan tersebut.

Meskipun terkenal sebagai pereda demam, Paracetamol juga efektif dalam meredakan rasa sakit pada tingkat ringan hingga sedang.\

Bagi wanita yang mengalami sakit secara rutin, disarankan untuk mengonsumsi Paracetamol pada H-1 sebelum menstruasi dan dilanjutkan pada hari pertama dan kedua menstruasi.

4.       Menggunakan Aromaterapi

Menggunakan aromaterapi diyakini bisa membantu meredakan kram perut yang umum dialami wanita selama menstruasi. Aromaterapi yang disarankan untuk mengatasi kram perut meliputi minyak esensial mawar, lavender, cengkeh, dan kayu manis. Cara penggunaannya adalah dengan mengoleskan atau menggosokkan minyak tersebut di area yang terasa nyeri.

Selain mengkonumsi obat Pereda nyeri, kamu juga bisa menggunakan sejumlah cara lain seperti dengan olahraga kecil dan pijatan

1.       Pijat Ringan

ini biasanya dilakukan di daerah perut dan bagian bawah punggung, dengan gerakan memutar secara perlahan. Salah satu tekniknya adalah dengan berbaring telentang dan mengangkat satu kaki ke atas, atau berbaring miring sambil menekuk lutut.

2.       Aktivitas fisik (Olahraga Ringan)

Saat mengalami gejala menstruasi, disarankan untuk melakukan aktivitas fisik ringan seperti berjalan kaki, yoga, atau jogging dengan intensitas rendah. Aktivitas fisik dapat berperan sebagai penangkal nyeri karena dapat merangsang pelepasan hormon endorfin dalam tubuh, yang secara alami dapat meredakan rasa sakit.

Jika terjadi hal yang tidak normal atau merasakan nyeri berlebihan waktu pra-menstruasi, saat menstruasi atau pasca menstruasi, jangan takut untuk konsultasi ke dokter, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: