PT Chang Shin dan Nipro Buka Lowongan Kerja, Disnaker Karawang Diserbu Ratusan Pencari Kerja

PT Chang Shin dan Nipro Buka Lowongan Kerja, Disnaker Karawang Diserbu Ratusan Pencari Kerja

PT Chang Shin dan Nipro Buka Lowongan Kerja--

KARAWANGBEKASI.DISWAy.IDPT Chang Shin dan Nipro Buka Lowongan Kerja. Memasuki pekan pertama hari kerja pasca libur lebaran, sejumlah perusahaan di Karawang sudah membuka lowongan kerja (loker). Baru-baru ini perusahaan konveksi terbesar di Karawang PT Chang Shin Indonesia membuka loker untuk 60 orang operator produksi sewing.

Selain itu, PT Nipro Indonesia Jaya juga membuka loker untuk 25 operator produksi. Bersamaan dengan itu, serbuan ratusan calon tenagakerja sudah memadati Kantor Dinas Tenagakerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Karawang sejak Selasa, (16/4) kemarin.

Sekretaris Disnakertrans Karawang, Irma Hermayanti mengatakan, lonjakan pencari kerja pasca libur lebaran di prediksi mengalami peningkatan. Hal itu sejalan dengan semakin banyaknya masyarakat yang membuka akun info loker online dan membuat kartu pencari kerja. Selain itu, hadirnya warga pendatang pasca lebaran juga diprediksi mempengarhi persaingan dunia kerja saat ini.

BACA JUGA:Inilah Daftar Gaji Ketua RT/RW, Kepala Desa dan Lurah Terbaru 2024 yang Berlaku di Bekasi dan Daerah Lain

“Sejak hari pertama kerja ada ratusan warga Karawang yang datang ke Disnaker untuk daftar akun info loker online dan cetak kartu kuning. Hal ini sudah diprediksi sebelumnya, karena memang rutinitas pasca libur lebaran,” kata Irma saat diwawncara KBE, Rabu, (17/4).

Irma menjelaskan, mayoritas warga yang datang ke Disnaker yaitu untuk verfikasi data di aplikasi Info Loker Online dan mencetak kartu kuning. Mereka juga banyak menanyakan informasi lowongan pekerjaan yang akan datang kepada operator Disnaker yang bertugas.

BACA JUGA:Berikut 45 Sekolah di Kabupaten Bekasi yang Bakal Diperbaiki Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang

“Mungkin mereka sedang mempersiapkan berkas dan persyaratan dan menunggu lowongan pekerjaan yang cocok dengan spesifikasi atau CV mereka. Dan kebiasaannya memang pencari kerja ini (membludak) selalu habis libur lebaran,” jelasnya.

Sementara, Kepala Bidang Penempatan Tenagakarja Soni Luthfi Rahman melalui Subkoordinator Bursa Pasar Kerja Aan Sukaesi menambahkan, sejak Januari hingga April 2024 ini setidaknya sudah ada 89 perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan atau pemagangan melalui aplikasi Info Loker Online milik Pemkab Karawang.

Kabar baiknya, tren perusaaan yang menggunakan aplikasi ini semakin banyak setiap tahunnya. Kondisi ini sangat menguntungkan masyarakat Karawang, sebab yang bisa mengakses dan menggunakan sistem info loker online hanya warga yang memiliki KTP asal Kabupaten Karawang.  “Lowongan pekerjaan sudah ada sejak hari pertama masuk kerja pasca libur lebaran, ada Chang Shin dan Nipro. Sebentar lagi juga akan ada di buka lagi jadi pencaker tinggal pantau saja,” kata Aan. 

Guna mengantisipasi semakin banyak lonjakan aktifasi akun info loker online mapun pencetakan kartu kuning. Aan menyarankan kepada para pencari kerja untuk memanfaatkan fasilitas di Mall Pelayanan Publik. Selain lebih nyaman, akses layanan disana juga sama dengan yang ada di kantor Disnakertrans Karawang. “Betul, cetak kartu kuning atau aktifasi akun juga bisa di MPP Galuh Mas,” imbuhnya. (wyd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: