Digodok DPRD, Sejumlah Dinas dan Lembaga di Pemkab Karawang akan Digabung

Digodok DPRD, Sejumlah Dinas dan Lembaga di Pemkab Karawang akan Digabung

S--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID- DPRD Kabupaten Karawang menggelar rapat kerja lanjutan pembentukan Pansus Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Nomor 14 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Karawang.

Rapat kerja dipimpin langsung oleh Ketua Pansus Saepudin Zuhri. Turut hadir dalam rapat tersebut sejumlah OPD dan badan terkait serta bagian organisasi dan bagian hukum Setda Kabupaten Karawang.

BACA JUGA:Kerap Tawuran di Fly Over Kampung Tanah Baru Kabupaten Bekasi, 14 Remaja Dicokok Polisi, Dua Orang Ditahan

Ketua Pansus Saepudin Zuhri yang menjabat sebagai Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Karawang, menyampaikan, pembentukan Pansus Raperda tersebut berdasarkan PP Nomor 72 Tahun 2019 tentang Perangkat Daerah yang bertujuan untuk melakukan perampingan atau penyederhanaan struktur perangkat daerah.

"Pembentukan Pansus Raperda ini adalah inisiatif dari pihak eksekutif kepada legislatif, tujuannya agar ada perampingan struktur perangkat daerah. Karena saat ini terjadi kekosongan jabatan sehingga adanya rangkap jabatan pada sejumlah OPD," ujar Zuhri, Rabu, 17/4/2024.

BACA JUGA:14 Remaja Pelaku Tawuran dengan Senjata Tajam di Fly Over Tanah Baru Tarumajaya Diangkut Polisi

Menurut Zuhri, pada Pansus Raperda ini akan ada enam OPD yang akan digabungkan. Sehingga dari enam OPD itu akan dirampingkan menjadi tiga OPD.

Ia memaparkan, rencana penggabungan OPD itu, diantaranya, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) akan digabungkan dengan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB). 

BACA JUGA:Pemkab Karawang Revisi Peraturan Tentang Operasional Tempat Hiburan Malam

Kemudian, Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Dinkop UKM) akan digabungkan dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag). Selanjutnya, Dinas Pertanian akan digabungkan dengan Dinas Perikanan.

"OPD-OPD itu akan digabungkan berdasarkan rumpunnya. Jadi, dari enam OPD itu, akan dirampingkan menjadi tiga OPD," terang Zuhri.

Ia mengungkapkan, setelah tiga kali melakukan rapat kerja, masih terdapat OPD yang masih keberatan dengan rencana penyederhanaan struktur perangkat daerah tersebut. Sejumlah OPD itu, yaitu, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan dan Dinas Perikanan.

BACA JUGA:Berikut 45 Sekolah di Kabupaten Bekasi yang Bakal Diperbaiki Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang

"Dari pihak dinas masih banyak yang merasa belum setuju, seperti Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan serta dan Dinas Perikanaan. Tetapi hasil final itu akan ditentukan pada rapat Pansus terakhir," kata Zuhri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: