6 Faktor Penyebab Ketiak Menjadi Hitam

6 Faktor Penyebab Ketiak Menjadi Hitam

6 Faktor Penyebab Ketiak Menjadi Hitam--CNN Indonesia

PENYEBAB KETIAK MENJADI HITAM

KETIAK yang berwarna hitam akan membuat penampilan menjadi kurang menarik. Apalagi jika kalian sering menggunakan pakaian tanpa lengan. Tentu, selain membuat menjadi kurang pede juga bisa membuat malu seseorang.

Ada beberapa penyebab yang menyebabkan KETIAK menjadi hitam. KETIAK hitam bisa disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk:

1. Iritasi kulit:
Penggunaan deodoran atau antiperspiran yang mengandung bahan kimia tertentu atau mengandung alkohol bisa menyebabkan iritasi dan akhirnya menggelapkan kulit KETIAK. Oleh karena itu, lakukan reset terlebih dahulu mengenai bahan atau kandungan apa yang cocok di kulit.

2. Gesekan kulit:
Gesekan yang berulang antara kulit KETIAK dan pakaian dapat menyebabkan peradangan dan mengakibatkan kulit menjadi gelap. Jika kalian termasuk orang yang mudah sensitif, hendaknya gunakanlah pakaian yang adem dan membuat kulit menjadi sejuk dan mudah menyerap keringat. Keringat yang berlebihan juga dapat membuat KETIAK gampang iritasi.

3. Hiperpigmentasi:
Selain iritasi dan gesekan antar kulit yang menyebabkan KETIAK menjadi hitam, ternyata KETIAK hitam juga dapat disebabkan oleh higpermentasi lho.

Definisi dari hiperpigmentasi itu sendiri yaitu peningkatan produksi melanin (pigmen kulit) di daerah KETIAK yang menyebabkan KETIAK menjadi berwarna gelap.

4. Kurangnya ventilasi:

Ketiak yang tidak mendapat ventilasi yang cukup dapat menyebabkan keringat menumpuk di area tersebut, yang kemudian dapat mengakibatkan iritasi dan ketiak menjadi gelap.

 

5. Faktor genetik:

Bagi beberapa orang mungkin memiliki kecenderungan genetik untuk memiliki ketiak yang lebih gelap dari yang lain. Apabila keluarga kalian memiliki riwayat ketiak yang gelap maka terdapat kemungkinan penyebab dari gelapnya ketiak adalah dari genetik atau keturunan.

 

6. Kurangnya perawatan kulit:

 Tidak membersihkan atau merawat kulit ketiak secara teratur juga bisa menyebabkan kulit menjadi gelap. Kalian dapat melakukan scrub badan secara rutin 2x dalam seminggu. Selain itu, kalian juga dapat menggunakan masker yang sekarang sudah tersedia dimana mana.

 

Memahami penyebab yang mendasari dapat membantu dalam memilih perawatan yang tepat untuk mengatasi ketiak hitam. Semoga informasi tersebut dapat membantu ya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: penyebab ketiak hitam