Gerombolan Monyet Liar Nongkrong di Atap SMAN 1 Cikampek, Warga Heran Mereka Datang dari Mana?

Gerombolan Monyet Liar Nongkrong di Atap SMAN 1 Cikampek, Warga Heran Mereka Datang dari Mana?

Gerombolan Monyet Liar Nongkrong di Atap SMAN 1 Cikampek, Warga Heran Mereka Datang dari Mana?--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID- Gerombolan Monyet Liar Nongkrong di Atap SMAN 1 Cikampek, Warga Heran Mereka Datang dari Mana?

 Warga Cikampek heboh. Ada gerombolan monyet liar menyatroni SMAN 1 Cikampek dan pemukiman warga mendapat tindakan serius Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karawang.

Saat ini BPBD Karawang sedang mempersiapkan tim khusus penyelamatan hewan tersebut. Seperti diketahui, monyet-monyet liar yang dilindungi itu tidak hanya menyatroni SMAN 1 Cikampek tapi juga pemukiman warga.

Kepala BPBD Karawang Mahpudin mengungkapkan, supaya tidak salah dalam penanganannya, pihaknya bersama tim rescue Damkar akan mendalaminya.

BACA JUGA:19 Anggota Ormas Jadi Tersangka Bentrokan di Kantor Sekretariat, Ini Penyebabnya

“Monyet-monyet tersebut hewan yang dilindungi, tentunya salah satu hewan yang harus dijaga kelestariannya.  Dimana dalam amanat UU no. 5 Tahun 1990, untuk menjaga supaya hewan tersebut tidak punah,” ucap Mahpudin, Jumat 19 April 2024.

Ia juga menghimbau kepada masyarakat agar tidak memburu hewan tersebut  apalagi dengan membunuhnya.

“Kami akan mendalami dan berkoordinasi dengan pengelola hutan lindung Cikampek, dan perhutani wilayah Purwakarta maupun Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) untuk penanganan hewan ini,” ucap Mahfudin.

 

Antara Keramahan dan Kekhawatiran

Baru-baru ini, fenomena monyet liar yang berkeliaran di pemukiman warga kembali menjadi sorotan. Fenomena ini terjadi di beberapa daerah di Indonesia, seperti Bandung, Depok, dan Bekasi. Monyet-monyet ini terlihat mencari makan, bahkan tak jarang mengambil barang bawaan warga.

BACA JUGA:Sekolah Terendam Banjir, Ratusan Siswa MTs At Taqwa 11 Tambun Utara Terpaksa Ujian Dikediamannya Masing-Masing

Kehadiran monyet liar di pemukiman tentu menimbulkan berbagai kekhawatiran bagi warga. Kekhawatiran utama adalah potensi penyebaran penyakit, seperti rabies. Selain itu, monyet-monyet ini juga dapat merusak tanaman dan barang bawaan warga.

Namun, di sisi lain, beberapa warga juga merasa terhibur dengan kehadiran monyet-monyet ini. Tingkah laku mereka yang lucu dan menggemaskan menjadi daya tarik tersendiri. Bahkan, ada beberapa warga yang memberi makan monyet-monyet tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: