3 Fitur Ajaib Editing Video Yang Hanya Dimiliki Cap Cut

3 Fitur Ajaib Editing Video Yang Hanya Dimiliki Cap Cut

-Watermark CapCut-Grid.id

 

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID- Aplikasi pengedit video CapCut sedang populer di kalangan generasi muda saat ini. Seiring dengan meningkatnya jumlah pengguna tik tok, maka pengguna cap cut juga terus meningkat.

Hal ini bisa terjadi karena aplikasi Cap cut dan Tik tok dikembangkan oleh yang sama. Sehingga meningkatnya popularitas TikTok berpengaruh besar juga bagi pengguna cap cut.

Dari adanya symbiosis tersebut, template video yang tersedia di CapCut dapat dengan mudah diunggah langsung ke TikTok. Karena kedua aplikasi ini saling terhubung. Jika kamu tertarik untuk mencobanya kamu bisa mengunduh CapCut dengan mudah, karena tersedia secara gratis di Google Play Store!

Mengenal Fitur dan Keunggulan Pada Aplikasi CapCut

Pengguna Cap cut di Indonesia sangat banyak, jumlahnya bahkan jauh lebih tinggi dari pengguna tik tok di Indonesia. Mengutip dari databoks.katadata.co.id  Cap Cut adalah aplikasi digital yang paling banyak di unduh di Indonesia tahun 2022. Angka tersebut jauh di bawah Instagram, Tik Tok hingga Whatsapp.

Keberhasilan ini tidaklah mengherankan mengingat CapCut sangat ramah pengguna, terutama bagi pemula yang ingin membuat video yang menarik. Sebagai informasi tambahan, awalnya aplikasi ini dikenal dengan nama Viamaker sebelum kemudian diubah namanya menjadi CapCut oleh pengembangnya, Bytedance Pte. Ltd.

Fitur-Fitur yang Terdapat Pada Aplikasi CapCut

Fitur-Fitur Unggulan Aplikasi CapCut Meskipun CapCut memiliki fungsi dasar seperti aplikasi pengeditan video lainnya, tampilan dan fitur-fitur yang ditawarkan membuatnya lebih mudah digunakan, terutama bagi pemula.

Berikut adalah beberapa fitur yang dapat Anda manfaatkan ketika menggunakan CapCut untuk mengedit video:

1. Template

Template Adanya fitur template di CapCut sangat membantu pengguna, terutama yang baru memulai untuk mengedit video. Dengan template ini, pengguna tidak perlu repot-repot mengedit video secara manual, seperti menambahkan efek atau teks unik, karena semua sudah tersedia dalam template tersebut. Fitur template ini dapat ditemukan di halaman awal CapCut, berdekatan dengan tab Edit.

Penggunaannya juga cukup mudah, hanya dengan memasukkan video atau foto ke dalam template yang dipilih. Dalam waktu kurang dari 30 menit, video dapat selesai diedit! Terdapat berbagai pilihan template yang dapat dipilih pengguna, tidak hanya terbatas pada tren Viral saja.

Karena CapCut dikembangkan oleh pengembang yang sama dengan TikTok, pengguna juga bisa langsung mengunggah hasil editnya ke TikTok melalui template ini.

2. New Project

Proyek Baru Jika pengguna ingin membuat video dari awal Proyek tanpa menggunakan template, mereka dapat memilih fitur Baru. Di sini, tersedia banyak alat yang mudah digunakan untuk mengedit video.

a. Edit Video

Dalam fitur ini, pengguna dapat mengubah ukuran video dengan cara menggeser dua jari untuk menyesuaikan ukuran video. Selain itu, alat Edit Video ini juga menyediakan berbagai fitur tambahan, seperti penambahan animasi, penggunaan stabilisator video, dan bahkan penghapusan latar belakang!

b. Audio

Fitur kedua adalah Audio, yang memungkinkan pengguna menambahkan efek suara atau audio ke video yang sedang diedit. Audio dapat diambil dari galeri atau bahkan dari akun TikTok.

Di dalam alat Audio ini, pengguna juga dapat menemukan Sound yang berisi lagu-lagu populer dari TikTok, Effect yang menghadirkan efek suara seperti tepuk tangan, dan Voice Over untuk merekam suara sendiri sebagai latar belakang video.

c. Text

Sesuai namanya, alat ini digunakan untuk menambahkan teks atau tulisan ke dalam video. Terdapat berbagai pilihan jenis font, warna, dan latar belakang pada alat ini. Terlebih lagi, teks tersebut dapat diberikan efek animasi! Tool Text ini sering digunakan untuk menambahkan watermark pada video.

d. Effect

Tool berikutnya dalam fitur Proyek Baru ini adalah Effect. Tool ini digunakan untuk menambahkan efek menarik pada video. Ada dua jenis efek yang tersedia, yaitu Body Effect yang berisi efek Augmented Reality (AR) yang biasanya digunakan untuk foto atau video manusia, dan Video Effect yang menyediakan berbagai filter video menarik.

e. Filters

Untuk memperindah hasil video editanmu, kamu bisa menggunakan fitur Filters ini. Di dalam fitur ini, tersedia berbagai efek cahaya yang bisa diterapkan pada video, baik secara keseluruhan maupun hanya pada bagian tertentu.

Kamu bisa memilih dari beragam pilihan filter, mulai dari efek film, alam, retro, hingga hitam dan putih. Cukup pilih filter yang sesuai dengan gaya editingmu...

      Adjust Selain digunakan untuk foto, fitur Adjust juga bisa diterapkan pada video. Dengan alat ini, Anda dapat dengan mudah mengatur kontras, kecerahan, eksposur, saturasi warna, dan sorotan video secara manual.

3. Shortcut

Tool Shortcut merupakan salah satu fitur yang sangat penting dalam TikTok yang harus diperhatikan. Hal ini karena melalui fitur ini, Grameds dapat dengan mudah menambahkan efek dan suara khusus pada video mereka. Fitur ini dapat diakses langsung dari tab Edit.

Kelebihan Aplikasi CapCut Untuk Edit Video

1. Menyimpan Tanpa Tanda Air (Watermark)

Kelebihan pertama dari CapCut adalah kemampuan untuk menyimpan video hasil editing tanpa menambahkan watermark. Ini menjadi keuntungan tersendiri, terutama karena beberapa aplikasi lain masih menambahkan watermark, terutama jika bukan versi premium.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: