Kepala Disdik Jabar Wahyu Mijaya: Mari Bangun Karakter Siswa!

Kepala Disdik Jabar Wahyu Mijaya: Mari Bangun Karakter Siswa!

Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat, Wahyu Mijaya .--

Jabar, Disway.id- Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat berpesan kepada tenaga pendidik di Jawa Barat agar tidak hanya mengajarkan kepandaian saja. Selain itu juga harus membangun karakter bagi siswanya agar mampu menghasilkan potensi terbaik dan mampu adaptasi perkembangan zaman.

“Saya menitipkan pesan kepada para guru-guru atau kepala sekolah untuk senantiasa memberikan tidak hanya kepandaian atau keahlian. Tetapi membentuk karakter  untuk siswanya,”  kata Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat Wahyu Mijaya  saat meresmikan Pembangunan Gedung Program Dana Alokasi Khusus (DAK) Bidang Pendidikan SMK se-Jawa Barat Tahun Anggaran 2023 di SMKN 2 Tasikmalaya.

 

Ia pun memberikan sebuah teori Neo dan Chen yaitu dynamic governance. Di dalam teori tersebut menyampaikan bahwa, pengajar bukan hanya bicara tentang perubahan-perubahan saja, tetapi bagaimana memiliki kemampuan untuk beradaptasi perubahan. Mampu juga memanfaatkan peluang-peluang baru  di dalam perubahan tersebut.

“Hal ini menjadi kewajiban guru-guru bagaimana  mampu menginspirasi siswa. Karena tugas guru-guru tidak hanya sekadar mengajar, bagaimana mampu menginspirasi siswa sehingga mampu menyambungkan potensi-potensi dengan dunia yang lebih nyata,” ujarnya.

BACA JUGA:Disdik Jabar Tegaskan Tidak Ada Pungli di SMAN Wilayah Kota Bekasi

Selanjutnya, dalam teori Neo and Chen tersebut ada beberapa fokus atau yang menjadi kunci-kuncinya. Seperti guru-guru terus menerapkan pembelajaran, eksperimen dan berani mengambil risiko.

“Ketika tidak ditanamkan seperti itu, nanti siswa bisa ragu-ragu dalam melangkah. Padahal antara berhasil dan belum berhasil soal waktu, sehingga keberhasilan ini bukan sebuah akhir dan belum berhasil ini bukan sebuah akhir,” katanya.

 

“Intinya ketika siswa terus belajar, bereksperimen dan mau mengambil risiko. Supaya mendapatkan terbaik,”tambahnya.

Dalam teori itu juga, menyampaikan harus membangun kolaborasi. Karena ketika hanya mengandalkan semua rencana-rencana sekolah hanya dari pemerintah tidak optimal, sehingga perlu juga pentahelix yaitu akademisi, pengusaha, komunitas masyarakat, pemerintah, dan media massa.

Untuk sementara, yang tercatat di Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat pada 9 Desember 2023, sudah ada 593 kerja sama  dari SMK se-Jawa Barat.

“Mari bangun kolaborasi ini sangat penting. Misalnya ketika ada kepala sekolah mampu melakukan kerja sama lebih baik, sehingga tidak hanya mengandalkan beberapa pihak saja,” ujarnya.

Tentunya ia berharap setelah menyelesaikan tiga menu pembangunan DAK dari Provinsi Jawa Barat tersebut. Dapat dimanfaatkan peningkatan kualitas pembelajaran SMKN 2 Tasikmalaya, terutama bagi jurusan broadcasting atau perfilman karena sudah memiliki ruang praktek siswa untuk perfilman.

BACA JUGA:Inovasi Baru, Siswa Simulasikan Persidangan di SMK Kartika XIX-1 Bandung

Selanjutnya, mendapatkan menu pembangunan toilet, SMKN 2 Tasikmalaya segera menerapkan toilet bersih.  “Tentunya toilet tersebut dibangun dengan standar bintang dua dan tiga, “katanya.

Sedangkan untuk UKS baru diperlukan SMKN 2 Tasikmalaya. Hal itu, karena siswa SMKN 2 Tasikmalaya jumlahnya ribuan sehingga butuh untuk penanganan pertama ketika siswa sedang sakit.

“Butuh ruang UKS baru karena memiliki ruang UKS yang sempit. Saat ini dengan adanya ruangan baru ini siswa yang kurang kesehatan  bisa menggunakan UKS sebagai penanganan pertama, apalagi sudah ada tenaga kesehatan yang sudah standby di SMKN 2 Tasikmalaya,” ujarnya.***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: