Intip 8 Tips Merawat Rambut yang Sehat dan Berkilau

Intip 8 Tips Merawat Rambut yang Sehat dan Berkilau

Intip 8 Tips Merawat Rambut yang Sehat dan Berkilau--By Yesdok

 

Mewarnai rambut pada sebagian orang akan membuat tampilannya menjadi berbeda. Biasanya, untuk hasil yang lebih memuaskan sebelum mewarnainya kalian harus menggunakan bleacing terlebih dahulu.

Seperti pada artikel sebelumnya yang membahas mengenai Tips Mewarnai Rambut dengan Bleacing,tentu dalam perawatannya harus lebih ekstra.
Ada beberapa perawatan rambut yang dapat dilakukan untuk membuat rambut menjadi lebih sehat dan berkilau. Berikut beberapa tips untuk merawat rambut agar tetap sehat dan berkilau:

1. Pilih Sampo dan Kondisioner yang Tepat
Pilihlah sampo dan kondisioner yang sesuai dengan jenis rambut kalian. Pastikan untuk memilih produk yang mengandung bahan-bahan yang melembapkan dan memperkuat rambut. Gunakan shampo yang mengandung bahan-bahan yang dapat memperkuat akar rambut. Selain iti, gunakan juga kondisioner yang sejenis dengan shampo supaya manfaatnya lebih terasa.

2. Hindari Pencucian Terlalu Sering
Hindari mencuci rambut terlalu sering, karena hal ini dapat menghilangkan minyak alami dari kulit kepala dan membuat rambut menjadi kering dan rapuh. Cukup mencuci rambut 2-3 kali seminggu atau sesuai dengan kebutuhan.

3. Gunakan Masker Rambut Secara Rutin
Gunakan masker rambut yang mengandung bahan-bahan pelembap dan protein secara rutin, minimal satu atau dua kali seminggu. Ini akan membantu menjaga kelembapan, memperkuat, dan memberikan nutrisi tambahan pada rambut kalian.

Selain masker rambut yang dapat kalian temui dalam kemasan instan, kalian juga dapat menggunakan masker alami yang tentunya sangat aman untuk kulit kepala. Kalian dapat menggunakan minyak zaitun, minyak kelapa atau aloe vera untuk memberikan kelembapan paka rambut. Selain itu rambut juga akan lebih sehat dan berkilau.

4. Hindari Pemanasan Berlebih
Hindari penggunaan alat pemanas seperti hair dryer, catokan, dan curling iron sesering mungkin. Jika perlu menggunakan alat pemanas, gunakan perlindungan rambut terlebih dahulu. Kalian dapat menggunakan masker rambut sebelum mengeringkan rambut dengan pemanas. Selain itu, kalian juga dapat menggunakan serum rambut supaya mencegah rambuy dari kerusakan.

Baca juga: Rambut Rusak Karena Sering di Bleacing? Intip 7 Tips Merawat Rambut Bleacing

5. Gunakan Perlindungan Matahari
Lindungi rambut kalian dari paparan sinar matahari langsung dengan menggunakan topi atau produk rambut yang mengandung SPF jika kalian akan terpapar sinar matahari untuk waktu yang lama.

Saat ini sudah banyak sekali produk perawatn rambut yang bisa diperoleh dengan mudah. Kalian dapat membelinya melalui online shop maupun di market terdekat.

6. Trimming Rutin
Potong ujung rambut secara rutin untuk menghilangkan ujung yang rusak dan bercabang. Ini akan membantu menjaga rambut tetap sehat dan mencegah kerusakan yang lebih parah.

7. Makan Makanan Sehat
Konsumsi makanan yang kaya akan nutrisi seperti protein, vitamin, dan mineral akan membantu memperkuat rambut dari dalam. Perbanyak juga untuk meminum air putih karena jika asupan air cukup maka akan membuat tubuh menjadi sehat, begitupun dengan rambut dan kepala.

8. Minum Air yang Cukup
Pastikan kalian minum air yang cukup setiap hari untuk menjaga hidrasi kulit kepala dan rambut kalian. Biasakan untuk minum air sebanyak dua liter per hari. Jika kalian belum terbiasa untuk minum air yang banyak, kalian dapat rutin untuk minum satu sampai dua gelas air sebelum makan. Hal tersebut juga dapat dijadikan kebiasaan untuk menjaga tubuh menjadi lebih ideal dengan tidak mengonsumsi makanan terlalu banyak.

Dengan merawat rambut kalian secara teratur dengan tips-tips di atas, kalian dapat menjaga rambut tetap sehat, kuat, dan berkilau. Semoga membantu dan selamat mencoba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: tips merawat rambut