Disebut Sebagai Minuman Sampah, Berikut Asal Usul Wedang Uwuh

Disebut Sebagai Minuman Sampah, Berikut Asal Usul Wedang Uwuh

wedang uwuh bermula dari kisah Sultan Agung Mataram- wedang uwuh bermula dari kisah Sultan Agung Mataram-

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID- Buat kamu yang sering mengkonsumsi jamu dan ramuan herbal tentu tidak asing dengan minuaman yang satu ini Yakni Wedang Uwuh. Apakah minuman in adalah jenis wedang hangat? Berikut ini Asal Usul penamaan wedang uwuh

Indonesia kaya akan sumber daya alam yang melimpah ruah di setiap penjuru Nusantara. Kekayaan sumber daya hayati misalnya, Indonesia punya beragam jenis tanaman buah hingga sayur yang hanya tumbuh di Indonesia dan tidak ditemukan di negara lain.

Dari keragaman hayati tersebut membuat Indonesia juga memiliki banyak sekali minuman tradisional yang kaya akan rempah rempah nan bermanfaat bagi kesehatan dan menyegarkan tubuh.

Salah satu minuman tradisional yang populer dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan adalah wedang uwuh. Namun, apakah kamu tahu apa itu Wedang Uwuh? Apakah sejenis wedang atau apa?

Asal-usul wedang uwuh bermula dari kisah Sultan Agung Mataram

Asal-usul wedang uwuh ini memiliki cerita yang cukup unik, bermula dari kisah Sultan Agung, Raja Mataram, yang sedang mencari lokasi untuk pemakaman keluarga kerajaan. Sultan Agung dan pengawalnya melakukan penelusuran hingga menemukan Bukit Merak di Imogiri yang dianggap cocok sebagai tempat pemakaman. Sebelum memutuskan, Sultan Agung melakukan semedi untuk memastikan pilihan tersebut.

Saat melakukan semedi di malam hari, Sultan Agung meminta pengawalnya untuk membuat minuman yang dapat menghangatkan tubuhnya karena suhu di bukit sangat dingin. Para pengawal kemudian membuat wedang secang dan meletakkannya di bawah pohon tempat Sultan Agung bersemadi.

Karena angin bertiup kencang, daun dan ranting pohon beterbangan dan tanpa sengaja jatuh ke dalam minuman sang raja. Karena gelap, Sultan Agung tidak menyadari bahwa daun dan ranting itu ikut larut dalam minumannya. Ia kemudian menikmati minuman tersebut tanpa menyadari keberadaan daun dan ranting yang ikut tercampur.

Keesokan harinya, Sultan Agung meminta untuk dibuatkan wedang yang sama persis seperti minuman yang disajikan malam sebelumnya. Sultan menganggap minuman tersebut sangat enak dan mampu menghangatkannya. Para pengawal kemudian mengambil sisa minuman yang tersisa dari malam sebelumnya dan mencari tau apa yang terkandung di dalam wedang tersebut.

Lantas mereka kaget ketika menemukan bahwa ada bahan tambahan yang ikut masuk ke dalam minuman secang tersebut. Akhirnya, pengawal membuatkan minuman yang sama untuk sang raja, dan dari waktu itu, minuman tersebut dikenal dengannama wedang uwuh.

Wedang Uwuh Mulanya dijual dalam Bnetuk rempah rempah yang masih utuh

Awalnya, wedang uwuh dijual dalam bentuk bahan-bahan rempah-rempah yang masih utuh. Namun, seiring berjalannya waktu, wedang uwuh mulai tersedia dalam bentuk instan, baik itu dalam bentuk bubuk atau celup.

Meskipun berasal dari Jawa, kini minuman yang kaya manfaat ini telah menyebar ke berbagai daerah. Salah satu daerah yang kaya akan minuman khas adalah Yogyakarta.

Bagaimana? Menarik bukan. Nyatanya wedang uwuh berasal dari minuman yang tidak sengaja dibuat oleh alam.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: