5 Manfaat Ajaib Yang Akan Kamu Dapatkan Jika Rutin Makan Tomat Setiap Hari

5 Manfaat Ajaib Yang Akan Kamu Dapatkan Jika Rutin Makan Tomat Setiap Hari

buah tomat.- buah tomat.-

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID- Tomat sering disarankan untuk dimakan secara teratur, terutama untuk menjaga kesehatan mata. Namun tanpa kita sadari nyatanya tomat juga mempunyai sejumlah manfaat yang sangat pnting bagi tubuh kita loh.

Di Indonesia, ditemukan berbagai macam varietas tomat yang ditanam. Setiap varietas biasanya memiliki karakteristik yang unik, seperti ukuran, warna, dan cita rasa yang bervariasi. Kamu bisa menemukan buah yang satu ini di manapun, supermarket, pasa swalayan hingga minimarket menjual buah tomat.

Tomat juga bisa dinikmati dengan berbagai cara, entah itu langsung dikonsumsi, diolah menjadi jus segar, atau digunakan sebagai bahan tambahan dalam masakan.

Manfaat Mengkonsumsi Tomat Mentah Setiap hari.

Tomat memberikan sejuta manfaat bagi Kesehatan manusia. Satu buah tomat biasanya mengandung 16 kalori, 0,8 gram protein, 3,5 gram karbohidrat, dan 0,2 gram lemak. Di samping itu, tomat juga mengandung sejumlah vitamin dan mineral penting seperti vitamin A, vitamin C, folat, dan kalium. Ada pula kandungan antioksidan seperti likopen, lutein, dan zeaxanthin yang juga hadir dalam buah tomat.

Nutrisi yang tersimpan dalam buat tomat sangat banyak, tidak aneh jika tomat punya sejuta manfaat bagi Kesehatan tubuh manusia terutama jika dikonsumsi setiap hari. Berikut ini adalah 5 Manfaat mengkonsumsi tomat setiap hari :

1.   Pencegahan Penyakit Jantung

Manfaat mengonsumsi tomat mentah secara rutin termasuk dalam menghindari risiko penyakit jantung, yang merupakan penyebab utama kematian di seluruh dunia. Menurut penelitian yang diterbitkan di jurnal U.S. National Library of Medicine, rendahnya kadar likopen dan beta-karoten dalam darah berpotensi meningkatkan risiko serangan jantung.

Mengonsumsi tomat mentah secara teratur dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat, melawan peradangan, dan mengurangi stres oksidatif. Selain itu, tomat juga melindungi lapisan dalam pembuluh darah, yang mengurangi risiko pembekuan darah.

2.   Pencegahan Kanker

Tomat kaya akan antioksidan dan Vitamin C, yang membantu mengurangi pembentukan radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker. Menurut studi yang diterbitkan dalam Jurnal Molecular Cancer Research, asupan beta-karoten yang tinggi dapat mencegah pertumbuhan tumor pada kanker prostat.

Likopen dalam tomat juga memiliki efek pencegahan kanker prostat. Tomat dapat memberikan sekitar 80% dari kebutuhan likopen, menurut penelitian di Jepang yang menemukan bahwa beta-karoten dapat mengurangi risiko kanker usus besar.

3.   Sumber Vitamin yang Baik

Tomat adalah sumber vitamin yang kaya. Mengandung:

  • Vitamin C
  • Vitamin K, penting untuk kesehatan tulang
  • Vitamin A, mendukung kesehatan kulit, penglihatan, dan sistem kekebalan tubuh
  • Kalium, penting untuk kesehatan jantung, tekanan darah, fungsi otot, dan keseimbangan cairan tubuh

 4.    Meningkatkan Kesehatan Mata

Tomat mengandung lutein, beta-karoten, dan likopen, yang merupakan antioksidan kuat yang dapat melindungi mata dari kerusakan akibat paparan cahaya, degenerasi makula terkait usia (AMD), dan pembentukan katarak. Penelitian baru-baru ini seperti Age-Related Eye Disease Study (AREDS) menunjukkan bahwa konsumsi tomat dengan kandungan lutein dan zeaxanthin yang tinggi dapat mengurangi risiko AMD neovaskular hingga 35%.

5.      Menjaga Tekanan Darah

Makan tomat mentah secara rutin juga dapat membantu menjaga tekanan darah tetap sehat karena tomat rendah natrium. Kandungan kalium yang tinggi dan natrium yang rendah dalam tomat juga dapat membantu mengurangi risiko kematian dari berbagai penyebab hingga 20%. Untuk informasi lebih lanjut tentang manfaat tomat, dapat ditemukan dalam buku "Tomat si Bulat Bergizi" yang ditulis oleh Wahyu Kusumo & Rafeila Reggie.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: