7 Manfaat Mandi Pagi Dalam Menjaga Kesehatan Pikiran dan Mental

7 Manfaat Mandi Pagi Dalam Menjaga Kesehatan Pikiran dan Mental

Mandi Pagi -Mandi Pagi -

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Mandi adalah tindakan membersihkan tubuh dari kotoran dan zat-zat tidak diinginkan setelah beraktivitas sepanjang hari atau saat tubuh terasa lembab karena keringat. Mandi dua kali sehari sangat dianjurkan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh, serta mencegah penyakit yang disebabkan oleh bakteri yang menempel pada kulit.

Namun, tahukah Kamu kapan waktu yang paling tepat untuk mandi? Meskipun banyak orang mandi di pagi hari sebelum beraktivitas seperti sekolah, kerja, atau kuliah, mandi pada waktu subuh memiliki manfaat yang luar biasa bagi tubuh. Mandi pada pagi hari sebelum waktu subuh memberikan berbagai manfaat dan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan penyakit.

7 Manfaat Mandi di Pagi Hari Bagi Kesehatan Mental

Meluangkan waktu untuk mandi di pagi hari memang cukup sulit dilakukan bagi Sebagian orang. Tapi tahukah kamu mandi pagi punya memberikan efek sejuk berkat esegaran air yang menyentuh kulit. Mandi pagi juga punya sejumlah manfaat dalam memperbaiki Kesehatan mental.

Beberapa orang percaya jika dengan mandi pagi perasaan khawatir dan cemas bisa berkurang dan kreatifitas bisa meningkat. Penasaran dengan manfaat Mandi pagi lainnya? Simak informasinya dibawah ini.

1.   Memupuk Kreativitas

Mandi sebelum matahari terbit dapat memunculkan kreativitas. Menurut penelitian Universitas Harvard, mandi pagi sebelum fajar memiliki manfaat untuk meningkatkan kreativitas. Mandi di pagi hari sebelum matahari terbit sangat dianjurkan bagi mereka yang mengalami minggu kerja yang intens dan ingin tampil maksimal.

Mengapa mandi di pagi hari sebelum matahari terbit dapat meningkatkan kreativitas? Hal ini karena beberapa orang membutuhkan masa inkubasi, yang sering terjadi di kamar mandi sebagai zona relaksasi yang hampir sama seperti sesi meditasi atau yoga. Dari sinilah ide-ide brilian sering muncul.

2.   Mencegah Depresi Akibat Kesulitan Menurunkan Berat Badan

Kenaikan berat badan dan kesulitan dalam penurunan berat badan sering kali menjadi pemicu depresi atau perasaan rendah diri. Namun, penelitian dari Skandinavia menemukan bahwa mandi pagi dalam suhu dingin singkat dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan mempercepat pembakaran lemak, membantu menurunkan berat badan berlebih sekitar 9 pound setiap tahun.

3.   Mengatasi Perasaan Takut dan Khawatir

Mandi pagi secara alami dapat mengurangi perasaan cemas dan kegelisahan, serta membuat Kamu merasa lebih rileks dalam menghadapi hari yang akan datang. Mandi pagi dapat meningkatkan aliran darah ke otak, yang membantu meningkatkan fungsi saraf secara keseluruhan dan juga membantu mengurangi stres.

4.   Meredakan Depresi

Mandi pagi sebelum subuh dapat meredakan depresi, terutama bagi mereka yang memiliki jadwal harian yang padat dan melelahkan. Mandi di pagi hari memberikan rasa kesegaran dan ketenangan, membantu pikiran menjadi lebih rileks.

5.   Membantu Membiasakan Diri Untuk Memanajemen Waktu yang Baik

Ketika sobat Kamu membiasakan diri untuk selalu mandi pagi sebelum matahari terbit atau tepat saat subuh akan memberikan kebiasaan baik bagi diri sobat Kamu sekalian.

Karena ketika kalian memulai hari lebih awal dari kebanyakan orang yang biasanya pada waktu subuh masih tertidur lelap akan memberikan waktu luang yang lebih banyak untuk bisa dimanfaatkan untuk berolahraga pagi, belajar untuk menghadapi ujian lebih efektif pada saat pagi hari ketika otak masih segar, serta memberikan kualitas kesehatan yang baik dengan menghirup udara segar pada pagi hari.

6.   Penyegaran Indra

Manfaat mandi pagi berikutnya berkaitan dengan stimulasi panca indra. Jika Kamu kesulitan bangun, mandi pagi akan menyegarkan Kamu. Ada penelitian yang menyarankan beralih ke mandi air dingin dalam beberapa menit terakhir juga membantu Kamu lebih waspada sepanjang hari. Mandi pagi juga membantu memperkuat sistem saraf pusat untuk merangsang kelenjar adrenal.

7.   Mendukung Pemulihan dari Ketergantungan Obat

Mandi sebelum fajar juga dikatakan dapat mendukung pemulihan dari ketergantungan obat dan narkoba. Praktik ini telah digunakan dalam proses pemulihan pecandu di berbagai tempat, seperti Pondok Pesantren Suryalaya di Tasikmalaya, Jawa Barat. Mandi pagi dianggap sebagai ritual pembersihan yang membantu dalam proses penyembuhan dari kecanduan obat.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: